by

Safitri Bupati Perempuan Pertama di Maluku

Kendati belum ada hasil pleno dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), namun berdasarkan real count, paslon bupati dan wakil bupati Buru Selatan (Bursel), Safitri Malik Soulissa dan Gerson Eliaser Selsily (SMS-GES) masih unggul dari dua pesaingnya.

Dengan begitu, peluang Safitri Malik Soulissa bakal menjadi bupati perempuan pertama di Maluku yang akan memimpin Ini Kabupaten Bursel untuk lima tahun kedepan, setelah berakhirnya massa jabatan Tagop Sudarsono Solisa pada bulan Juni 2021 mendatang.

Ketua Tim Relawan Pemenang Paslon SMS-GES, Emen Soulisa, kepada koran ini menyebutkan, sebagai putra daerah tentu merasa bangga, bahwa Pilkada Bursel bisa melahirkan perempuan pertama di Maluku untuk memipimpin Bursel. Sekaligus sebagai ibu untuk bisa melihat kemajuan Bursel yang lebih baik kedepan.

Menurut dia, Safitri yang juga istri dari Bupati Bursel aktif Yahoo Sudarsono Soulissa itu, dalam Pilkada Bursel berpasangan dengan Gerson Eliaser Selsily, yang juga mantan anggota DPRD Bursel tiga priode.


Keduanya diusung dan didukung partai koalisi seperti PDI-Perjuangan, Partai Berkarya, PAN, PKPI, Demokrat, PKB, PSI dan PKS. Yang berdasarkan, real count KPU Bursel, telah mengantongi 43,76 persen suara dibandingkan dua paslon lainnya.

Dimana Paslon nomor urut 1, Hadji Ali-Zainudin Booy (AJAIB) yang diusung Partai Golkar dan Gerindra itu mengantongi 33,79 persen suara. Sementara paslon nomor urut 2, Abdurrahman Soulissa-Elissa Ferianto Lesnussa (MANIS) diusung Partai Hanura, Nasdem dan PPP, mengantongi 22,45 persen suara.

Selain unggul berdasarkan real count KPU, pasangan SMS-GES juga unggul berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count yang dirilis lembaga survei Sinergi Data Indonesia (SDI). Dengan mengantongi 42,18 persen dari paslon AJAIB 33,88 persen suara dan paslon MANIS 24,94 persen suara.

Dikatakan, hasil hitung cepat dan real count KPU telah sesuai dengan hasil rekapitulasi internal yang dilakukan tim pemenangan. Berdasarkan data C1 yang dikumpulkan dari para saksi dari 201 TPS yang tersebar di enam kecamatan, kabupaten Bursel.

“Untuk rekap internal berdasarkan dokumen C1 yang kita terima, sampai saat ini sudah di atas 90 sekian persen. Dan pasangan SMS-GES sudah pada deretan angka 43,45 persen,” akuinya.

Berdasarkan hasil sementara real count KPU dan hitung cepat SDI, Emen sangat optimis dan yakin, pasangan SMS-GES akan keluar sebagai pemenang pilkada.

Ia pun mengklaim apa yang diraih, Safitri dan pasangannya akan menjadi catatan sejarah baru di Maluku sebagai bupati perempuan pertama.

“Kemenangan, mereka akan tercatat sebagai sejarah baru perpolitikan di Maluku. Karena ibu Safitri merupakan perempuan pertama yang terpilih sebagai bupati dalam pilkada Maluku,” kunci Emen. (RHM)

Comment