by

Sangadji : Panca Karya Sudah “On the Right Track”

Ambon, BKA- Kinerja Perusahaa Daerah (PD) Panca Karya hingga saat ini dinilai sudah on the right track atau pada jalur yang benar, pasca dipimpin Rusdy Ambon selaku Plt Dirut PD Panca Karya, sejak Mei 2019 lalu. Hal ini disampaikan Pengusaha Muda Maluku, Ris Sangadji, saat menghubungi koran ini, .
Kepada koran ini, Minggu (21/2), Sangadji menilai, kepempimpinan Dirut PD Panca Karya sebelumnya, banyak meninggalkan masalah. Salah satunya hutang pegawai yang sempat tidak terbayarkan. Namun pasca Gubernur Maluku menunjuk Rusdy Ambon sebagai Plt Dirut Panca Karya, maka segala permasalahan mampu diselesaikan dengan baik.

“Sebagai pengusaha, saya menilai bahwa kepemimpinan pak Rusdy Ambon, sudah banyak membawah perubahan yang signifikan. Terutama soal pembenahan manajemen internal PD Panca Karya. Karena warisan kepempimpinan yang ditinggalkan sebelumnya berupa hutan dan sebagainya mampu diatasi. Dan saya menilai, Panca Karya sudah on the right track,” tandasnya.

Diakuinya, tunggakan gaji karyawan PD Panca Karya yang sebelumnya menjadi persoalan, juga telah diselesaikan. Sehingga tidak ada lagi keterlambatan pembayaran gaji karyawan. Bahkan terkait Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dihasilkan Panca Karya selaku BUMD di Maluku, telah ditunjukan oleh Rusdy Ambon saat menyetor PAD sebesar 1 miliar kepada Pemerintah Provinsi Maluku pada Januari 2020 lalu.

Kemudian pada Januari 2021 kemarin, lanjut dia, PD Panca Karya juga menyetor PAD sebesar Rp 400 miliar kepada Pemprov Maluku.
“Ini membuktikan, pak Rusdy Ambon berhasil membangun sentimen positif dan kepercayaan dari semua pihak, terutama relasi Panca Karya. Sehingga ada kepercayaan yang diberikan kembali ke Panca Karya. Dimana sebelumnya mengalami banyak masalah keuangan. Tapi mampu menjadikan BUMD ini memiliki prospek bisnis yang sehat secara viskal. Dan punya prosepek bisnis ke depan yang menjanjikan,” sebutnya.

Ditambahkan, PD Panca Karya merupakan perusahaan daerah yang bergerak tidak hanya pada bidang transportasi laut maupun darat. Sehinggga sudah on the right track dan perlu mendapat dukungan semua pihak, salah satunya Pemprov dan DPRD Maluku. Untuk bagaimana memberikan bantuan dana penyertaan modal kepada Panca Karya.

“Perlu dukungan itu, agar Panca Karya lebih membuka saya lagi secaa bisnis. Tidak hanya kor bisnisnya di transprotasi sajatetapi pada bidang binis lain lagi. Karena saya optimis, bahwa dengan pengalaman dan relasi yang dimiliki pak Rusdy Ambon, bisa membawa Panca Karya lebih berkembang kedepan,” tutup Sangadji. (UPE)
=====================================================================================
PKS Maluku Akan Bentuk DED

Ambon, BKA- Resmi dilantik oleh Dewan Syariah DPP PKS, H. Imam Santoso secara daring, Dewan Syariah Wilayah (DSW) PKS Maluku masa bakti 2020-2025 akan membentuk Dewan Etik Daerah (DED) dalam 100 hari kerjanya kedepan.

Hal ini ditegaskan Ketua DSW PKS Maluku, Syaid Mudzakkir S. Assagaf, usai dilantik secara daring di DPW PKS Maluku, Sabtu (20/2).

“Dalam 100 hari masa kerja, pasca pelantikan ini kami akan membentuk Dewan Etik Daerah di seluruh kota/kabupaten seluruh Provinsi Maluku,” tutur mantan Wakil DPRD Maluku ini.

Assagaff juga berharap, proses pelantikan tersebut sebagai konsolidasi awal, agar ke depan dapat membangun sinergitas antara DSW dengan bidang DPTW lainnya, seperti MPW dan DPW.

Sekedar tahu, sebelumnya kegiatan pelantikan tersebut diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) oleh Dewan Syariah Pusat. Dilanjutkan dengan pembacaan ikrar serta ditutup dengan arahan Ketua Dewan Syariah Pusat Dr. Surahman Hidayat. Dan pelantikan DSW kali ini, melibatkan seluruh provinsi di Indonesia. (RHM)

Comment