by

Saniri Batu Merah tunggu Putusan Pemkot

Ambon, BKA- Dewan Saniri Negeri Batu Merah, masih menunggu keputusan pemerintah Kota (Pemkot Ambon) untuk dilantik.

Hal ini diakui oleh Sekertaris desa Batu Merah, M Arlis Lisaholet. Ia mengatakan bahwa dewan saniri sudah selesai per bulan juni 2020. Untuk itu perlu dilakukan penetapan saniri yang baru.

Pemerintah negeri sudah mengajukan sembilan kandidat calon dewan saniri. Kandidat dewan saniri diputuskan berdasarkan mata rumah yang ada di negeri Batu Merah.

“Jadi dewan saniri periode sebelumnya sudah selesai terhitung bulan juni 2020. Kami sudah mengajukan sembilan calon kandidat untuk dewan saniri yang baru kepada pemerintah Kota agar bisa ditetapkan,” tutur M Arlis Lisaholet sekertaris desa Batu Merah.

Namun hingga sampai saat ini dewan saniri belum bisa ditetapkan. Hal ini karena empat dari sembilan kandidat yang diusulkan ditolak oleh pemerintah kota. Alasan penolakan yaitu adanya rangkap tugas dan juga sudah tiga kali menjabat.

“Empat dari sembilan calon yang diusulkan mengalami penolakan. Dua kandidat itu masalah rangkap tugas sebagai dati dan juga saniri. Sedangkan dua yang lain sudah tiga periode menjabat sebagai dewan saniri. Berdasarkan peraturan hal ini memang tidak bisa,” tambahnya.

Menanggapi hal ini, pemerintah negeri sudah mengembalikan kebijakan kepada masing-masing mata rumah yang bermasalah. Negeri Batu Merah sendiri memiliki aturan dalam menetapkan saniri.

“Jadi penetapan saniri ini juga dari mata rumah yang diputuskan oleh negeri. Untuk itu kami hanya bisa mencalonkan kandidat itu. Kami sudah mengembalikan kepada mata rumah kandidat yang bermasalah,” pungkasnya.

Belum ditetapkan saniri berdampak pada beberapa hal. Untuk itu pemerintah negeri berharap pemerintah kota segera mengambil keputusan mengenai saniri agar bisa ditetapkan.

“Memang saniri ini berdampak pada banyak hal. Misalnya saja musrembang negeri untuk agenda kegiatan di tahun 2021 yang belum juga ditetapkan. Kami masih menunggu ditetapkan dewan saniri agar bisa melanjutkan agenda kerja tahun depan. Untuk itu kami berharap pemerintah kota bisa menindaklanjuti agar penetapan saniri bisa segera dilakukan,” tutup Lisaholet. (BKA-1)

Comment