by

Santunan Korban Covid-19 Belum Terealisasi

Ambon, BKA- Pemerintah Pusat (Pempus) hingga kini belum merealisasikan santunan duka terhadap keluarga korban Covid-19. Padahal, lebih dari 20 berkas ahli waris di Kota Ambon telah diusulkan ke Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

“Sudah kami usulkan 20 nama lebih kepada Pemerintah Provinsi Maluku, untuk dilanjutkan ke Kemensos RI. Namun, sampai sekarang belum ada realisasinya,” ungkap Kepala Dinas Sosial Ambon, Nurhayati Jasin, kepada wartawan, Selasa (23/2).

Persyaratan terkait berkas ahli waris, lanjut dia, telah dilengkapi sejak tahun 2020 kemarin. Namun santunan tersebut, tak kunjung tiba. Dan saat ini pihaknya sementara menunggu informasi dari Pemerintah Pusat.

“Kalau untuk kota Ambon, sudah ada delapan ahli waris yang telah menerima santunan dari Kemensos pada 2020 lalu. Namun, 20 lebih yang kita masukan terakhir ini, belum ada realisasi sama sekali,” sebutnya.

Nurhayati menyebutkan, pihaknya juga telah melakukan komunikasi dengan Kemensos RI, guna membicarakan santunan tersebut. Alhasil, pihaknya disuruh untuk bersabar.

“Bahkan kita sudah telepon pihak Kemensos RI. Dan jawaban dari Kemensos RI hanyalah, kita disuruh untuk sabar saja. Karena semua masih dalam proses pencairan,” bebernya.

Diketahui, Surat Edaran Kemensos RI terkaiat santunan bagi keluarga korban Covid-19 telah diumumkan pada Juni 2020. Surat edaran itu, menjelaskan, santunan sebesar Rp15 juta, akan diberikan kepada setiap ahli waris korban Covid-19, yang memenuhi persyaratan. (IAN)

Comment