by

Satgas Covid-19 Lakukan Operasi Pendisiplinan Prokes

TIAKUR-BKA, Satgas Covid-19 Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) terus berupaya meningkatkan kedisiplinan masyarakat, dalam penerapan protokol kesehatan.

Upaya pendisiplan itu dilalukan melalui operasi yustisi, yang digelar gabungan aparat pemerintah kabupaten bersama TNI dan Polri.

Baca: Bupati Minta Masyarakat Ikut Vaksin Tahap II

Seperti operasi yustisi gabungan yang dipimpin oleh Perwira Pengendali (Padal) Polres MBD, Ipda Denny Gaspersz, Selasa (27/7), di beberapa lokasi yang menjadi pusat aktivitas masyarakat di Tiakur.

Gaspersz mengatakan, dari operasi tersebut masih ditemukan masyarakat yang lalai dalam menjalankan protokol kesehatan, yakni, tidak menggunakan masker selama beraktivitas di luar rumah.

“Kebanyakan masyarakat yang beraktifitas di luar rumah, tidak mengenakan masker. Padahal mereka selalu mengantongi masker, tetapi tidak menggunakannya,” jelasnya.

Karena itu, melalui operasi pendisiplinan tersebut, masyarakat yang tidak menaati protokol kesehatan akan diberi hukuman ringan, serta diberi pembinaan tentang pentingnya menerapkan prokes.

Dirinya berharap, masyarakat tidak menganggap sebelah mata persoalan Covid-19. Karena saat ini, MBD telah memiliki jumlah kasus yang besar akibat kurangnya kesadaran masyarakat dalam menerapkan prokes.

Baca: Dinkes Aru Gelar Swab Test Masal Terhadap Pedagang

Menurutnya, operasi pendisiplinan prokes akan tetap dilaksanakan setiap hari, khususnya di lokasi yang dianggap ramai. “Dalam operasi tersebut, selain melakukan pembinaan, Satgas operasi yustisi juga melakukan pembagian masker kepada masyarakat,” tandasnya.(GEM)

Comment