by

Satgas Covid Kesulitan Pantau Prokes di Yos Sudarso

Ambon, BKA- Satuan Tugas (Satgas) Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kota Ambon, kesulitan melakukan pemantauan serta penegakkan protokol kesehatan (prokes) di pelabuhan Yos Sudarso, Ambon.

Koordinator Fasilitas Umum, Satgas Covid-19 Kota Ambon, Richard Luhukay, mengaku, sekalipun pelabuhan Yos Sudarso merupakan kawasan Pemerintah Kota Ambon, namun pihaknya tidak dapat menerapkan protokol kesehatan.

“Pelabuhan Yos Sudarso berada di Kota Ambon, tapi secara kelembagaan untuk memantau penerapan protokol kesehatan, pelabuhan itu bukan kewenangan kita,” ungkap Luhukay, saat dikonfirmasi koran ini, Jumat (16/4).

Dia menegaskan, apabila di pelabuhan tersebut, protokol kesehatan tidak diterapkan secara baik, maka jangan salahkan Satgas Covid-19 Kota Ambon.
“Jika ada yang bilang banyak penumpang tidak taat protokol kesehatan, maka jangan salahkan Satgas, tapi tanyakan hal itu ke pihak pelabuhan,” sebutnya.

Dikatakan, pihak pelabuhan pastinya merujuk pada ketentuan yang diberikan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, terkait penerapan prokes. Untuk itu, Satgas Covid-19 Kota Ambon tidak berkewenangan untuk melakukan pemantauan prokes di pelabuhan tersebut.

Terkait memutus mata rantai Covid-19, lanjut Luhukay, telah menjadi tanggungjawab semua pihak. Namun untuk menjalankan tugas-tugas pemerintahan, tidak bisa sembarangan masuk wilayah orang lain. Sebab, semua ada aturannya.

“Tidak mungkin masuk wilayah orang lain sembarangan. Kewenangan penuh penerapan protokol kesehatan di Pelabuhan Yos Sudarso, tanyakan pada Pelindo, Sabandar, atau Satgas Provinsi,” pungkasnya. (IAN)

Foto Ambon Manise : Aktivitas masyarakat saat berbelanja takjil, jelang buka puasa di depan Masjid Raya Al Fatah, Jalan Sultan Babullah, kota Ambon, Jumat (16/4)

Comment