by

Satgas Komitmen Atasi Komunitas Santa Claus

Ambon, BKA- Pemerintah Kota Ambon lewat Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 berkomitmen untuk menindak seluruh aktivitas komunitas Santa Claus yang melanggar aturan protokol kesehatan, dengan memaksa untuk tetap menjalankan aktivitasnya jelang Hari Natal 25 Desember 2020.

Sebab, didalam Peraturan Walikota (Perwali) nomor 25 tahun 2020 tentang Penegakkan Disiplin Masyarakat Terkait Protokol Kesehatan sudah jelas. Sehingga Satgas Covid-19 harus memperingati masyarakat untuk tidak berkerumunan.

Tak hanya itu, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy beberapa waktu lalu telah meneken surat untuk melarang aktivitas Komunitas Santa Claus jelang perayaan Hari Lahir Yesus Kristus di tahun ini. Namun kurang lebih 10 Komunitas Santa Claus yang memaksa menjalankan aktivitasnya, berhasil dibubarkan Satgas Covid-19 Kota Ambon.

Koordinator Kerja Satgas Covid-19 Kota Ambon, Benny Selanno mengatakan, surat yang melarang aktivitas Santa Claus telah disampaikan ke pihak gereja maupun komunitas gereja yang akan melakukan Santa Claus.

“Kita sudah sampaikan surat edaran, tapi ternyata masih ada yang melakukan. Oleh karena itu, pada hari Minggu itu telah bubarkan 7 Santa Claus dan hari Senin kemarin itu ada 3 Santa Claus kita bubarkan,” beber Benny, kepada wartawan di Ambon, Rabu (9/12).

Dijelaskan, pihaknya menemukan Komunitas Santa Claus melakukan aktivitas tidak menggunakan mobil pickup (belakang terbuka), melainkan memakai mobil yang tertutup.

“Bayangkan satu mobil kita dapat itu 11 sampai 12 orang. Lalu mereka menukar cara tidak pakai mobil terbuka, tapi mobil penumpang yang tertutup, bahkan mereka memilih mobil yang kacanya gelap,” sebutnya.

Dikatakan, Komunitas Santa Claus yang dibubarkan pihaknya, telah diberikan sanksi sosial untuk teguran pertama. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Memang dalam perwali ada dua sanksi, yakni sanksi administrasi dan sanksi sosial. Namun semuanya (Komunitas Santa Claus) kita kasih sanksi sosial,” tutup benny. (BKA-1)

Comment