by

Satgas Poka Rutin Pantau Prokes

Selama bulan suci Ramadhan, Pemerintah Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon bersama dengan Tim Satgas Penanganan Covid-19, rutin melakukan pantauan protokol kesehatan (Prokes) di tengah masyarakat.

Pantauan utama dilakukan bagi pelaku usaha kuliner. Dimana patroli rutin dilakukam pada jam-jam tertentu, guna memastikan penjual kuliner menutup usahanya sesuai waktu yang ditentukan.

“Sesuai dengan perwali terkait jam buka usaha bagi penjual kuliner, usaha mini market dan usaha lainnya. Kami rutin lakukan patroli bersama dengan satgas desa. Untuk memastikan mereka tutup sesuai jam yang ditentukan,” ungkap Penjabat Desa Poka, Erick van Room saat ditemui koran ini, Rabu (21/4).

Sejauh ini, kata dia, masyarakat penjual kue dan usaha lainnya sudah mematuhi aturan jam yang ditentukan. Hal tersebut bisa dilihat ketika tidak ditemukan pelanggaran saat patroli dilakukan.

“Sudah tiga hari kami lakukan patroli dan sejauh ini masyarakat sudah mematuhi. Baik itu penjual takjil, rumah kopi mau pun minimarket. Jadi tidak kami temui ada yang melanggar jam yang sudah ditentukan,” tambahnya.

Menurutnya, jika kedapatan ada warga yang melanggar, maka akan diberikan sanksi berupa pembinaan bagi warga tersebut.

“Kalau ada kedapatan warga ada yang melanggar maka akan diberikan sanksi. Tidak ada sanksi fisik tapi berupa pembinaan. Setelah diberikan pembinaan, kami biasanya suruh untuk nyanyikan lagu kebangsaan,” ucapnya.

Pemantauan prokes, lanjut Erick, juga dilakukan di beberapa masjid yang ada. Sebagai bentuk pencegahan penularan, tim satgas dan pemerintah desa rutin lakukan penyemprotan desinfektan di setiap masjid tersebut.

Penyemprotan dilakukan setiap minggu pada hari Jumat, sebelum jam shalat Jumat. Penyemprotan dilakukan langsung tim satgas desa. Bukan saja masjid namun gereja juga rutin dilakukan penyemprotan setiap hari Minggu.

“Setiap hari Jumat dan Minggu kami lakukan penyemprotan. Itu agenda rutin yang kami rencanakan bersama tim satgas desa. Jadi sebelum jam ibadah kami sterilkan tempat ibadah dengan penyemprotan desinfektan. Penyemprotan dilakukan mahasiswa KKN dan tim satgas desa,” tutupnya. (BKA-1)

Comment