by

Satker Kemenkumham Maluku Diminta Aktif

beritakotaambon.com – Demi mewujudkan pengelolaan keuangan yang akuntabel dan transparan, seluruh Satuan Kerja (Satker) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku diminta aktif dalam pelaksanaan anggaran.

Hal ini ditegaskan Kakanwil Kemenkumham Maluku, Andi Nurka, saat memberikan arahan dalam kegiatan Penguatan, Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan, yang dilakukan secara virtual bersama para UPT yang ada, Kamis (19/8).

Dalam arahan tersebut, Andi Nurka turut didampingi Kepala Divisi Administrasi Agung Rektono Seto, Plt. Kepala Divisi Pemasyarakatan Saiful Sahri, Kepala Bagian Umum, La Margono, dan Kepala Sub Bagian Keuangan dan BMN Muhamad Ikbal Tahalua dan jajaran lainnya.

“Pertanggungjawabkan penyerapan anggaran dan lengkapi administrasinya. Kelola uang negara dengan baik,” pesan Andi, lewat rilis Humas Kemenkumham kepada media ini.

Baca juga:
Ratusan Warga Datangi GVP Polda Maluku

Sementara itu, Kepala Divisi Administrasi Agung Rektono Seto menambahkan, pentingnya koordinasi dalam mengeksekusi DIPA masing-masing Satker dan setiap pihak yang berperan. “Jadi koordinasi sangat penting, agar saling berbagi informasi dalam pengelolaan keuangan,” tegas Agung.

Hal senada juga disampaikan Plt. Kepala Divisi Pemasyarakatan Saiful Sahri. Menurutnya, dalam melakukan pengelolaan DIPA, setiap UPT harus melaksanakan dengan tertib dan baik. “Amanah harus tetap kita jaga dalam mengelola uang negara,” tandasnya.

Kegiatan tersebut, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Bagian Umum, La Margono tentang tugas dan fungsi Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Penandatangan Surat Perintah Membayar (PPSM), dan Bendahara Pengeluaran. Agar lebih memahami apa saja yang harus dikerjakan, demi mewujudkan pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel. (UPE)

Comment