by

Satpol PP Ambon Siap Divaksin

Ambon, BKA- Kepala Satauan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Ambon, Josias Pieter Loppies mengaku, dirinya beserta jajarannya siap mengikuti program penyuntikan vaksin Covid-19, yang direncanakan akan dilakukan secara serentak pada tanggal 15 Januari 2021.
“Jadi kami ini sudah dimintakan data dari Direktorat Pol PP. Seluruh Polisi Pamong Praja di Indonesia ikut vaksin Covid-19,” tandas Josias, kepada wartawan, di Balai Kota, Selasa (12/1).

Diakuinya, anggota Satpol PP khusus di Kota Ambon, berjumlah 204 orang. Yakni terdiri dari pegawai negeri sipil serta tenaga kontrak. Dan dari sekian banyak personil yang ada, hanya sebagian yang mengikuti program vaksinasi Covid-19.

Sebab, sambung dia, sekitar 62 anggotanya, sempat terkonfirmasi positif Covid-19 saat menjalankan tugas di lapangan. Selain itu, ada juga yang memiliki penyakit bawaan, sehingga tidak diizinkan untuk mengikuti program vaksinasi itu.

“Yang terkonfirmasi positif yang lalu dan sudah sehat 62 orang. Ada juga anggota yang punya penyakit bawaan, yang sesuai persyaratan vaksin itu tidak bisa dilakukan. Mereka ini yang tidak bisa itu,” ujarnya.

Meskipun anggotanya mengikuti program vaksinasi Covid-19, lanjut Josias, saat ini mereka masih menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai pegawai lingkup Pemerintah Kota Ambon.

“Mereka turun. Sementara mereka turun lapangan. Mereka juga terindikasi tertular Covid-19, tapi kalau mau ikut vaksin, mereka kan pasti pemeriksaan dokter kan. Jadi ada sekitar 100 lebih yang mengikuti vaksin,” imbuhnya.

Josias menambahkan, untuk nama-nama yang diharuskan mengikuti program vaksinasi Covid-19, telah dikirimkan ke Pemerintah Pusat. “Nama-nama lengkap sudah kirim ke pusat. Baik PNS maupun non PNS,” tutup dia. (IAN)

Comment