by

Satu Anggota Polres Buru Dipecat

beritakotaambon.com – Polres Pulau Buru menggelar upacara pemberhentian tidak dengan hormat dari dinas Polri, di halaman Mapolres Pulau Buru, Kamis (19/8).

Upacara tersebut dipimpin oleh Kapolres Pulau Buru, AKBP Egia Febri Kusumawiatmaja, selaku Inspektur Upacara.

Pemecatan anggota Polri tersebut dilakukan berdasarkan Keputusan Kepala Kepolisian Daerah Maluku Nomor: kep/224/VII/2021 tanggal 28 Juli 2021 tentang pemberhentian tidak dengan hormat dari dinas Polri, atas nama Fauzi Reza Rabul, Brigpol NRP 50707 10 jabatan Bintara Sat Sabhara Polres Pulau Buru TMT 20 Juli 2021.

Selain melakukan pemecatan, pada upacara itu juga diserahkan penghargaan kepada personil Polres Pulau Buru yang berprestasi.

Penghargaan itu diberikan berdasarkan keputusan Kapolres Pulau Buru Nomor: Kep/27/VIII/2021 tanggal 16 Agustus tentang pemberian penghargaan kepada personil di lingkungan Polres Pulau Buru.

Penghargaan pertama diberikan kepada Polsek Batabual, atas dedikasi dan loyalitas dalam menjalankan tugas pokok Polri serta tertib dalam administrasi. Penghargaan kedua diberikan kepada Polsek Waeapo, dan penghargaan ketiga diberikan kepada Polsek Air Buaya.

Baca juga: Hari Asyura, Toisuta Sambangi Anak yatim

Kapolres Pulau Buru, AKBP Egia Febri Kusumawiatmaja, mengatakan, baru saja disaksikan bersama upacara pemberhentian tidak dengan hormat dari dinas Polri, serta pemberian penghargaan kepada personel yang berprestasi.

Selaku pimpinan Polres Pulau Buru, AKBP Egia sangat menyayangkan adanya sanksi pemberhentian tidak dengan hormat tersebut.

“Perbuatan yang dilakukan telah melakukan tindakan disersi, yakni, meninggalkan tugasnya secara tidak sah dalam waktu lebih dari 30 hari kerja secara berturut-turut, dengan wujud perbuatan meninggalkan tugas sebanyak 107 hari kerja secara berturut-turut terhitung mulai tanggal 26 Agustus 2019 sampai dengan tanggal 24 Januari 2021,” kata AKBP Egia.

AKBP Egia menjelaskan, peraturan dan hukum yang berlaku dijunjung tinggi. Sehingga yang bersalah dan melanggar, patut mendapatkan hukuman yang setimpal.

Baca juga: Bandara Pattimura Masuk Tiga Besar Terbaik

“Sebab itu, kepada seluruh personil agar selalu dapat menjaga etika moral dan perbuatan, baik di lingkungan tempat tinggal maupun dalam saat melaksanakan tugas sehari-hari,” pungkasnya.(MSR)

Comment