by

Satu Pasien Covid-19 di MBD Meninggal

TIAKUR-BKA, Satu pasien positif Covid-19 meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tiakur, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Kamis (22/7).

“Ada satu pasien COVID-19 di RSUD Tiakur meninggal dunia sekitar pukul 03.00 WIT, setelah dirawat beberapa hari pasca terkonfirmasi positif Covid-19,” ungkap Direktur RSUD Tiakur, dr Jimmy Sindahanis.

Pasien Covid-19, WH (61), berdomisili di Tiakur. Dia dibawa ke RSUD dengan kondisi sekarat beberapa hari lalu, kemudian ditangani secara intensif oleh tenaga medis.

“WH tidak memiliki penyakit bawaan. Tapi faktor usia mempengaruhi kondisi kesehatannya,” jelas dr Jimmy.

Menurutnya, pihak rumah sakit telah berupaya semaksimal mungkin untuk kesembuhan pasien. Tapi kondisi pasien terus memburuk, hingga akhirnya meninggal dunia.

“Pasien tersebut akhirnya ditangani secara protokol Covid untuk kemudian dimakamkan,” tandas dr Jimmy.

Ditempat berbeda, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten MBD, Dony Loyra, mengatakan, pasien Covid-19 yang meninggal dunia akan dimakamkan dengan prosedur covid-19 di Tempat Pemakaman Umum Pemda di Desa Patti.

“Pemakaman tetap dilaksanakan dengan protokol Covid-19 di TPU khusus bagi korban Covid-19. Tenaga medis yang menangani pemakaman juga menggunakan APD yang sesuai,” jelasnya.

Untuk itu, dia menghimbau kepada masyarakat untuk lebih memperhatikan kondisi kesehatan, serta selalu menjalankan protokol kesehatan.

“Jangan menanggap biasa persoalan Covid-19, karena pandemi ini perlu ditangani bersama. Jika hanya pemerintah yang berupaya dan tanpa didukung oleh masyarakat, maka upaya pemutusan rantai penyebaran Covid-19 tidak dapat berjalan dengan baik. Sehingga masyarakat diharapkan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan,” ajaknya.

Sebelum dimakamkan, dilakukan ibadah pelepasan jenazah didepan kamar jenazah RSUD Tiakur yang dipimpin oleh Ketua Majelis Jemaat GPM Tiakur, Pdt.R.M.Mail,S.Theol.

Jenazah kemudian diantar menggunakan mobil ambulance milik RSUD Tiakur sekitar pukul 18.13 WIT, dan dikawal oleh personil Polres MBD yang dipimpin oleh KBO Sat Samapta, Ipda D. Maispatela.

Jenazah tiba di tempat pemakaman umum di Desa Patti, Kecamatan Moa, dan langsung dilakukan pemakaman oleh Tim Gugus Tugas. Pemakaman dihadiri oleh keluarga Korban.

Dalam kesempatan tersebut , Maispatela kemudian menyerahkan tali kasih kepada pihak keluarga oleh Kapolres MBD. Hal ini merupakan bentuk empati kapolres terhadap keluarga Korban. (GEM)

Comment