by

SD Santo Yakobus Dilahap Api

Ambon, BKA- SD Santo Yakobus yang berkedudukan di kawasan Ahuru, RT.003/RW.016, Kecamatan Sirimau, Ambon dilahap si jago merah, Jumat (6/11) . Tidak seluruh bangunan pendidikan itu terbakar, tapi kobaran api hanya menghanguskan ruang kelas IV. Namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta ruipiah.

Kasubbag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease, Ipda Izack Leatemia, saat dihubungi wartawan, membenarkan hal tersebut. Menurutnya, peristiwa kebakaran yang terjadi di SD Santo Yakobus itu terjadi sekira pukul 15.00 WIT.

“Memang tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, tapi ditaksirkan kerugian material mencapai puluhan juta,” terangnya.

Kata dia, sesuai pengakuan saksi Kristun Yanan, warga kawasan setempat, awal musibah kebakaran itu, saksi sementara berada di dalam rumahnya yang tidak jauh dari tempat kejadian perkara (TKP). Saksi kemudian didatangi anaknya, dan diberitahukan terkat kebakaran pada gedung sekolah tersebut.

“Karena panik, saksi pun ikut pergi ke TKP. Sampai disana ternyata benar, api sudah membakar ruangan kelas IV. Dan disitu, sudah ada tumpukan buku-buku yang sudah terbakar sampai menerobos ke plafon,” ungkap Leatemia.

Dia mengaku, atas kejadian itu, sekitar pukul 15.15 WIT, tiga unit mobil pemadam kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelematan Kota Ambon datang untuk melakukan pemadaman.

“Dan sekitar pukul 15.20 WIT, api berhasil dipadamkan. Proses pemadaman itu dipimpin langsung KSPK Polsek Sirimau AIPA Risno Barakati, serta dibantu juga warga sekitar,” bebernya.

Disinggung soal penyebab kebakaran tersebut, Leatimia mengaku, hingga kemarin anggotanya masih melakukan pengumpulan bahan dan keterangan di TKP. Dan saat ini juga polisi masih melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran gedung sekolah itu.

“Intinya penyebabnya masih diselidiki polisi, sedangkan untuk taksiran kerugian itu sekitar puluhan juta,” pungkasnya. (SAD).

Comment