by

SDGs Masuk Program Utama Hative Besar

Negeri Hative Besar, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, utamakan program Sustainable Development Goals (SDGs) dalam penggunaan anggaran negeri.

Sekertaris Negeri Hative Besar, Hasan Ulath menjelaskan, SDGs merupakan rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia. Program tersebut dibentuk guna mengentaskan kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.

“SDGs Desa ini menjadi target setiap kepala desa maupun negeri, dalam penggunaan dana desa tahun 2021. Agar semua program pemerintah lebih tepat sasaran, tidak lagi disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab,” terang Hasan, saat dihubungi koran ini, Sabtu (22/5).

Hasan menjelaskan, ada tiga hal yang menjadi fokus dalam prioritas penggunaan dana desa di tahun ini. Yakni pertama, pemulihan ekonomi nasional sesuai dengan kewenangan desa yang memuat tentang pembentukan, pengembangan dan revitalisasi BUMDes, penyediaan listrik desa dan pengembangan usaha ekonomi produktif yang utamanya dikelola BUMDes.

Kemudian, program prioritas nasional sesuai kewenangan desa yang memuat pemetaan desa, pendataan desa, sumber daya, pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan desa wisata, penguatan ketahanan pangan, pencegahan stunting di desa dan desa inklusif. Selanjutnya yang Ketiga, adaptasi kebiasan baru, desa aman Covid-19.

“Ini menjadi tujuan utama dalam SDGs desa 2021 yang kita sudah dengar dari pemerintah pusat. Banyak penyalahgunaan dana yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Jadi untuk mengantisipasi hal itu, pemerintah pusat membuat program tersebut agar bisa tepat sasaran,” pungkasnya.

Dirinya mengatakan, sangat bersyukur dengan program yang di buat pemerintah pusat. Dengan adanya program pemulihan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan dalam SDGs, yang dipantau langsung lewat data-data yang dikirim ke pusat, masyarakat bisa merasa senang dan sejahtera.

“Semoga hal ini bisa menjadi awal yang baik bagi semua masyarakat. Ekonomi mereka bisa terbantu, pembangunan di desa juga bisa terealisasi dengan sangat baik,” tutupnya. (BKA-2).

Comment