by

Sebagian Anggota DPRD Tolak Swab

Ambon, BKA- Pasca 1 anggota DPRD Ambon terkonfirmasi positif Covid-19 pekan lalu, Sekretariat DPRD langsung melakukan swab test bagi pegawai dan anggota DPRD. Namun dari 34 anggota DPRD, hanya 9 anggota yang telah di swab. Sementara 25 anggota lainnya belum, bahkan sebagian menolak untuk diswab.

Pantauan koran ini, sejak Senin (14/12) kemarin, belum ada informasi terkait rencana swab lanjutan bagi para pegawai sekretariat maupun anggota DPRD yang ada. Padahal, harusnya swab dilakukan secara menyeluruh bagi seluruh anggota DPRD maupun pegawai sekretariat yang ada.

Anggota DPRD Kota Ambon, Yusuf Wally, kepada wartawan mengatakan, seluruh anggota DPRD Kota Ambon perlu melakukan tes swab. Karena sejak swab test dilakukan pada Jumat (11/12) pekan kemarin, baru 9 anggota dewan yang melakukan tes swab.

Dimana swab test dilakukan Tim Gugus Covid-19 lewat Dinas Kesehatan kota Ambon, perlu didukung seluruh anggota DPRD dengan cara wajib melakukan swab, agar tidak ada klaster baru di perkantoran DPRD.

“Hasil swab yang dilakukan hari Jumat pekan kemarin, memerlukan waktu 4 hari untuk hasilnya dapat diketahui. Setelah beberapa orang yang memiliki hasil positif dari tes swab hari Jumat lalu, maka diperlukan seluruh anggota DPRD dan pegawai secretariat yang belum melakukan tes swab agar dapat mendukung dengan melakukan tes swab berikutnya,” tandas Wally.

Menurutnya, sambil menunggu hasil rapid dari 30 pegawai dan 9 anggota DPRD, Dinas Kesehatan Kota Ambon juga berharapseluruh anggota DPRD dan pegawai, termasuk para supir pribadi DPRD harus melakukan swab test. Sehingga dapat diketahui apakah ada yang positif untuk bisa ditangani sebelum timbul kluster baru.

Jika hal ini didiamkan, lanjut Wally, ditakutkan kedepan aktivitas DPRD justru terhenti akibat adanya kluster baru di lingkup DPRD Kota Ambon.
“Alhamdulillah hasil saya telah keluar negatif. Sehingga saya meminta pada anggota yang belum melakukan tes swab, agar tidak menolak untuk di swab. Mari kita sama-sama mendukung tim Satgas Covid-19, agar percepatan perkembangan covid dapat diatasi, sehingga menekan penyebarannya,” ajaknya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Ambon, Gerald Mailoa, saat dikonfirmasi juga mengaku, telah memberikan himbauan kepada seluruh anggota DPRD untuk mengikuti tes swab, yang telah dijadwalkan Satgas Covid-19.
“Kita perlu mendukung percepatan penyebaran covid, agar dapat ditekan dengan upaya seluruh anggota dan pegawai melakukan tes swab,” tandasnya.

Ketua DPC PDIP Kota Ambon ini juga menganjurkan, seluruh anggota DPRD segera mengikuti tes swab.

Dimana hal tersebut untuk kepentingan diri sendiri dan orang banyak, sekaligus untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona demi keselamatan bersama.

“Meskipun ada yang tertular Covid-19, belum ada rencana lockdown atau penghentian sementara aktivitas di gedung dewan. Tetapi, semua kegiatan yang ada di dewan diminta untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penyebaran virus Corona,” himbaunya. (UPE)

Comment