by

Segera lapor Jika Terjadi KIPI

AMBON-BKA, Masyarakat diharapkan segera melapor, jika terjadi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) ke Fasilitas Kesehatan Masyarakat (Fasyankes).

“Jika terjadi KIPI serius setelah penyuntikkan vaksin Covid-19, harus dilaporkan segera,” kata Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Daud Samal, Rabu (28/7).

Baca: Jalan Gadihu Kembali di Perbaiki

Laporan terkait KIPI serius dari kabupaten/kota, katanya, sangat dibutuhkan untuk proses tindak lanjut Pemerintah Provinsi Maluku ke Pemerintah Pusat.

“Jadi itu laporan dari kabupaten/kota ke provinsi, lalu nanti akan dilaporkan ke Komdab (komisi daerah), kemudian ke Komnas (komisi nasional) untuk sama-sama melakukan investigasi,” jelas Daud.

Ia mengimbau, kepada seluruh masyarakat yang telah melakukan penyuntikan vaksin, untuk segera melapor ke Fasyankes terdekat, jika mengalami KIPI serius.

“Jika selesai vaksin, merasakan gejala KIPI, maka wajib bagi yang bersangkutan untuk lapor. Jika KIPI serius, Dinkes akan turun memeriksa vaksin yang digunakan,” tuturnya.

Baca: Warga Diminta Tak Abaikan Prokes

“Pemeriksaan dilakukan mulai dari nomor batch, hingga tanggal penyimpangan. Juga menyelidiki cara penyuntikan seperti apa, sesuai prosedur atau tidak? Kemudian dilihat rekam medisnya,” tambahnya.

Tanda kasus KIPI serius, lanjut dia, tidak sadarkan diri dan lumpuh bagian yang di suntik. “Tapi kalau cuma nyeri dan demam, itu kasus KIPI non serius,” tutupnya.(MG-2)

Comment