by

Sehari, 24 Warga Daftar Nikah

Ambon, BKA- Berbeda dengan tahun 2020, proses pendaftaran nikah pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon mengalami peningkatan signifikan di tahun ini. Dimana proses pendaftaran nikah oleh warga kota Ambon bisa mencapai 24 pasang dalam satu hari.

Kepala Disdukcapil Ambon, Selly Haurissa mengaku, tahun 2020 kemarin, pendafataran nikah sangat turun. Namun berbeda dengan tahun ini, yang mengalami kenaikan pesat di awal tahun.

“Hampir 200 pasangan yang niat untuk menikah pada Januari dan Februari 2021. Dan ini sangat banyak dari tahun sebelumnya,” sebut Selly, kepada wartawan di Balai Kota, Selasa (23/2).

Dia menilai, peningkatan perkawinan dalam tahun ini, dimungkinkan lantaran pasangan yang tertunda pada tahun kemarin karena Covid-19. Yang mana ada aturan-aturan yang membatasi pernikahan.

“Sebenarnya minta sudah ada. Hanya karena kondisi tidak memungkinkan. Mereka menunda, makanya tahun ini banyak,” jelasnya.
Selebihnya dia berharap, agar pasangan yang telah mendaftar, tetap mengedepankan protokol kesehatan ketika proses perkawinan digelar.
Sebab, Kota Ambon saat ini masih terbilang memprihatinkan dengan perkembangan Covid-19. Untuk itu jangan sekali-kali masyarakat yang tidak patuhi protokol kesehatan.

“Semua kegiatan, baik pernikahan tetap harus ada izin dari Satgas Covid-19. Karena dengan izin itu, maka prosesi pernikahan akan dipantau Satgas. Sehingga dapat meminimalisir penularan Covid-19,” pungkasnya. (IAN).

Comment