by

Sejak 2019, 26 Unit RLH Dibangun Pemdes Tifu

beritakotaambon.com – Sejak 2019 lalu hingga 2021, sudah sebanyak 26 unit Rumah Layak Huni (RLH) yang dibangun Pemerintah Desa (Pemdes) Tifu, Kecamatan Lolong Guba.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Tifu, Zeth Belen, mengungakpkan, pembangunan RLH yang menggunakan Dana Desa (DD) tersebut semuanya diperuntukan bagi warga miskin yang ada di desa itu.

“Banyak masyarakat cukup mengapresiasi terkait program ini, karena memang menyangkut hak layak bagi setiap warga negara,” kata Zeth Belen, kepada BeritaKota Ambon, Selasa (23/11).

Menurutnya, program RLH tersebut telah sesuai dengan amanat undang-undang, yakni, peruntukan DD sebagian dipergunakan untuk pemberdayaan dan pembangunan infrastruktur.

Untuk fokus program pembangunan RLH di Desa Tifu, katanya, karena memang menjadi kebutuhan masyarakat. Sebab masih banyak rumah warga yang dinilai tidak layak huni.

Melihat kondisi tersebut, lanjutnya, Pemdes Tifu berinisiatif untuk mengalokasikan DD bagi perbaikan sejumlah rumah masyarakat yang tidak layak huni itu.

“Menurut saya, ini bagian dari pemberdayaan melalui infrastruktur pemukiman. Dan rumah tidak layak huni yang jadi sasaran pembangunan,” terangnya.

Diketahui, bantuan rumah itu memiliki ukuran 6×6 per segi. Memiliki 2 kamar serta 1 kamar mandi. Alokasi anggaran untuk satu unit rumah sebesar Rp 75 juta lebih.

Kegiatan ini, tambahnya, akan terus berlanjut pada tahun berikutnya. Untuk tahun 2021, sebanyak 6 unit RLH yang terealisasi.

“Nanti program ini akan terus berlanjut sampai 2022 mendatang,” tutupnya.(MG-1)

Comment