by

Sekda Buru Lantik Penjabat Kades Air Buaya

Ambon, BKA- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru, yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda), Moh. Ilyas Hamid melakukan pengambilan sumpah dan pelantikan terhadap Penjabat Kepala Desa (Kades) Air Buaya, Kecamatan Air Buaya.

Prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan itu berlangsung sekira pukul 13.16 WIT hingga selesai, di aula Kantor Bupati Buru, Namlea, Selasa (2/3). Yang dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan, seperti wajib memakai masker dan jaga jarak.

Selain Sekda Buru, para asisten, staf ahli, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para camat serta para penjabat Kepala Desa dan seluruh tamu undangan.

Pelantikan tersebut sesuai dengan Keputusan Bupati Buru tentang Pemberhentian Saudara Abdul Madjid Hentihu sebagai Penjabat Kepada Desa Air Buaya dan Pengangkatan Saudara Yasdjir Mulaicin Kepada Desa Air Buaya, Kecamatan Air Buaya. Masa jabatan penjabat yang baru dilantik itu, hanya sampai terpilihnya kepala desa definitif, melalui pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) nanti.

Dalam pelantikan tersebut, dipimpin langsung oleh Sekda Buru yang mewakili Bupati Buru, Ramly Umasugi. Selain pelantikan penjabat kepala desa, menyerahkan surat keputusan Pelaksana tugas (Plt) Camat Air Buaya, kini dijabat oleh Hamisi Umasugi yang menggantikan Karim Gailea dikarenakan telah pensiun. Hamisi sebelumnya menjabat sebagai sekretaris camat (Sekcam) Kecamatan Air Buaya.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kebijakan saya selaku penjabat kepala desa dengan sebaik-baiknya, sejujur-jujurnya dan seadil-adilnya. Bahwa saya akan selalu taat dalam mengambil dan mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara. Dan bahwa saya akan menegakkan kehidupan demokrasi dan Undang-undang Dasar 45 serta melaksanakan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, yang berlaku bagi daerah dan negara kesatuan republik Indonesia,” tandas Ilyas, saat membacakan sumpah yang diikuti Yasdjir Mulaicin.

Menurut Ilyas, pergantian penjabat kepala desa di kabupaten bertajuk Rete Mena Bara Sehe, ini merupakan hal yang biasa terjadi. Namun sudah melalui proses evakuasi terlebih dahulu sebelum adanya pergantian penjabat tersebut.

“Pergantian kepala desa merupakan hal yang lumrah dilakukan. Itu semua tidak luput dari hasil evaluasi yang dilakukan stakeholder, terutama instansi terkait yang mempunyai fungsi pembinaan, pengawasan dan pemeriksaan terhadap kinerja para penjabat kepala desa dalam penyelenggara pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan pelayanan kepada masyarakat di desa. Semua dilakukan agar seluruh masyarakat di desa mendapatkan pelayanan dengan baik,” ungkapnya.

Kesempatan yang sama, Sekda Buru pun menyerahkan surat keputusan pelaksana tugas Camat Air Buaya, Hamisi Umasugi.
“Pada kesempatan ini saya juga akan menyerahkan surat keputusan Bupati Buru tentang Plt Camat Air Buaya, yang mana saat ini Camat Air Buaya telah memasuki masa pensiun,” tandasnya.

Orang nomor satu di ASN Pemkab Buru ini berharap, agar pelaksana tugas Camat Air Buaya dan penjabat kepala desa Air Buaya bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan sebaik-baiknya.

“Kiranya saudara penjabat kepala desa yang dilantik dan pelaksana tugas camat Kecamatan Air Buaya dapat optimal melaksanakan tugas pengabdian. Dan senantiasa meningkatkan terwujudnya kesejahteraan masyarakat serta pelayanan publik yang lebih meningkat, sebagai tujuan utama pengabdian dan pelaksanaan tugas,” pungkasnya. (MSR)

Comment