by

Sekda SBT Buka Pembinaan Tokoh Masyarakat Mualaf Maluku

Ambon, BKA- Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Jafar Kwairumaratu, mewakili Bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas membuka kegiatan pembinaan Tokoh Masyarakat Muallaf Maluku angkatan ke-8, di lapangan Pasantren Al-Anshor Nama Timur, Kecamatan Bula SBT pada Rabu, (21/04).

Kegiatan tersebut turut dihadiri anggota dan Wakil Ketua II DPRD SBT Ahmad Voth, Ketua TP PKK SBT Misa Keliobas dan pengurus, Wakapolres SBT, La Udin Taher, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) SBT Moksen Mahu, Plt. Kepala Dinas Dikbudpora SBT, Sidik Rumalowak dan tamu undangan lainnya.

Sambutan Bupati SBT yang dibacakan Plh Sekda SBT, itu mengingatkan semua umat Muslim di Bumi Ita Wotu Nusa akan tanggungjawab melakukan pembinaan kepada saudara kita yang baru masuk Islam.
Kata Bupati, perlu memberikan pemahaman aqidah dan akhlak Islam serta pemahaman tentang fiqih Islam.

“Harus kita jelaskan dan kita berikan contoh, sehingga mereka juga akan semakin mantap dalam mengkaji dan memahami Islam. Untuk kemudian masuk memeluk Islam secara kaffa,” tandas Bupati.

Kata dia, mereka yang baru memeluk agama Islam, itu ingin tahu apa yang ada didalam Islam sendiri. Sehingga akan memberikan manfaat baginya. “Semakin banyak pengetahuan yang diperoleh, semakin banyak manfaat yang diambilnya,” terangnya.
Dia juga menghimbau, agar petugas dari Kementerian Agama (Kemenag) secara teratur dapat melakukan pembinaan. Harus memiliki nilai yang menjadi landasan fundamental dalam ajaran Islam, terhadap beberapa pokok ibadah yang harus dipahami tokoh masyarakat Muallaf.

“Beberapa pokok ibadah mendasar itu disebut dengan rukun Islam yang meliputi lima pokok perkara. Diantaranya Syahadat, Sholat, Jakat, Puasa dan Naik Haji. Kelima hal tersebut merupakan ciri ibadah seorang muslim yang membedakan dengan umat beragama lain dan ini harus diketahui oleh Muallaf,” pungkasnya. (SOF)

Comment