by

Sekda SBT Diberi Kewenangan Awasi ASN

Ambon, BKA- Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Syarif Makmur diberikan kewenangan oleh Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Seram Bagian Timur (SBT), Hadi Sulaiman untuk mengawasi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pengawasan itu, kata Hadi, dilakukan Sekda melalui masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab SBT. “Setiap persoalan-persoalan tentang manajemen dan tatakelola ASN itu, saya serahkan sepenuhnya ke sekretariat daerah,” katanya, usai menghadiri paripurna di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) SBT, Senin (28/9).

Lanjut Hadi, ASN yang masih keliru dalam menjalankan tugas sebagai ASN di SBT, Pjs Bupati meminta untuk kembali menjalani tugas pada topoksi masing-masing.
“Saya juga sampaikan pada ASN di kelurahan atau Desa dan kecamatan, mari kita jalan pada rel ASN yang sesungguhnya,” katanya.

Selain itu, Pjs Bupati SBT itu menjelaskan beberapa tugas utamanya. Pertama, memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah sesuai ketentuan perundang-undangan, dan kebijakan yang ditetapkan bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Kedua, memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat. Ketiga, memfasilitasi penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati yang definitif, serta menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara. Keempat, melakukan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) dan dapat menandatangani Peraturan Daerah (Perda) setelah mendapat persetujuan tertulis dari Menteri Dalam Negeri.

“Dan kelima, melakukan pengisian pejabat berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan, setelah mendapat persetujuan tertulis dari Menteri Dalam Negeri,” ucap Hadi Sulaiman.

Dengan masa waktu 71 hari mengganti posisi Bupati Abdul Mukti Keliobas, Hadi mengatakan, mencoba melirik ke belakang, dan bertekad memulihkan roda pemerintahan sebagaimana mestinya. “Membangun SBT bagi saya bukanlah hal yang baru,” tuturnya. (BKA-2)

Comment