by

Sekkot : Hati-hati Berjalan Diatas Trotoar

Sekertaris Kota (Sekot) Ambon, Anthony Gustav Latuheru, turut menghimbau masyarakat agar berhati-hati saat berjalan diatas trotoar ketika hujan. Ini sekaligus mengklarifikasi salah satu pemberitaan media lokal, terkait licinnya pembangunan trotoar baru di kota Ambon yang dikerjakan Pemprov Maluku.

Ketika dimintai tanggapan terkait beberapa warga yang tergelincir saat berjalan diatas trotoar baru itu, Latuheru justru mengingatkan masyarakat, agar lebih hati-hati saat berjalan di trotoar ketika hujan.
“Jika licin saat hujan, berarti kita saat berjalan harus berhati-hati. Selain itu, bisa memilih berjalan di tempat yang tidak licin yang ada pada trotoar tersebut,” pesannya.

Menurut dia, selaku pemerintah, dirinya hanya bisa mengingatkan warga untuk berhati-hati agar tidak terpeleset hingga pekerjaan trotoar itu benar-benar selesai dikerjakan. Karena sampai dengan kemarin, proyek itu belum diselesaikan.

Ia menyebutkan, sudah ada penjelasan dari Kepala Dinas PU Provinsi Maluku, Muhammad Marasabessy, bahwa pekerjaan penyelesaian akhir (finishing) belum dilakukan.
Menurut Kadis PU Maluku, lanjut Latuheru, nantinya saat selesai pemasangan tegel seluruhnya dan masuk tahap akhir, maka tegel itu akan diproses coating anti selip. Dengan produk yang diaplikasikan diatas keramik yakni Jotun Epoxy Penguard Clear Sealer 2, komponen epoxy yang didesign untuk aplikasi diatas concrete/beton/semen/ceramic.
Dikatakan, sesuai penjelasan itu, produk tersebut memiliki ketahanan yang kuat dan keras karena berbahan dasar epoxy. Dan untuk area yang membutuhkan kekesaran, bisa ditambahkan butiran agregate sebagai bahan agar area itu menjadi area antiselip.

“Saat saya diwawancarai, belum ada penjelasan dari Kadis PU Provinsi, sehingga saya menjawab agar hati-hati berjalan diatas trotor dan memilih jalan di tempat yang tidak licin. Tapi setelah ada apenjelasan dari Kadis PU Provinsi, berarti kita bersabar dan tetap berhati-hati hingga akhir pekerjaan. Dan akan di coating anti selip, sehingga aman dan warga tidak terpeleset lagi,” terangnya.

Ia menambahkan, tidak ada niat sedikit pun untuk meremehkan persoalan itu. Justru penjelasan yang disampaikan, untuk mengingatkan semua masyarakat agar bisa tetap berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan jika berjalan di atas trotoar dimaksud.

‘’Saya tak ada maksud dan niat sedikit pun meremehkan atau menganggap enteng masalah ini, dan membiarkan warga celaka. Karena ini ada dihadapan kita, maka saya peringatkan untuk kita, khususnya warga Ambon agar lebih berhati-hati. Itu saja,” tandas Latuheru. (IAN)

Comment