by

Sekolah Akan Lakukan Ujian Kenaikan Kelas Tatap Muka

Ambon, BKA- Kepala SD Teologi Kristen Suli, Sintdje Ratila, bermaksud untuk melakukan ujian kenaikan kelas secara tatap muka, yang menghadirkan siswanya di sekolah.

Ujian tatap muka di SD yang berada di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) itu, kata Ratila, akan dilakukan selama sepekan.

Untuk itu, berbagai persiapan untuk teknis pelaksanaan akan diatur sebaik mungkin, agar tidak keluar dari aturan protokol kesehatan.

“Jadi soal penilaian kenaikan kelas, kita akan tatap muka dengan pembagian per shift, sesuai protekoler kesehatan.
Jadi sistemnya tatap muka, satu hari untuk satu kelas sampai selesai. Nah, rencananya di akhir bulan Maret sudah jalan,” ujar Ratila, Selasa (2/3).

Menurutnya, ujian kenaikan kelas sulit dilakukan secara Luring atau dari rumah. Karena selain para guru akan kesulitan dalam pengawasan, ujian jarak jauh juga akan berpengaruh pada hasil ujian siswa.

“Kalau ujian kelulusan kan materi nanti didapatkan dari UPTD. Tapi soal kenaikan kelas dan kelulusan itu sekolah yang menentukan. Karena itu, proses ujian tidak bisa asal-asalan saja, karena akan berpengaruh terhadap hasil dan itu tentu akan membuat guru sulit untuk menilai hasil belajar anak selama satu tahun pelajaran. Jadi kita akan minta dukungan dari orangtua dan komite untuk ujian tatap muka. Saya kira, kalau gunakan protokol yang ketat, bisa ujian tatap muka,” pungkas Ratila. (LAM)

Comment