by

Sekolah Berharap Secepatnya Perubahan Status Zona

Ambon, BKA- Sejumlah sekolah di Kota Ambon berharap, secepatnya ada perubahan status zona di Kota Ambon yang saat ini masih orange menjadi kuning. Bila perlu status zona itu berubah hijau di awal tahun ajaran baru 2020/2021.

Kepala SMP Negeri 4 Ambon, O. Sitaniapessy, mengatakan, harapan itu disampaikan agar sekolah tidak lagi menggunakan pola Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Melainkan bisa kembali belajar seperti biasa di sekolah.

Dia mengaku, dalam penerapan pola PJJ, baik secara Daring maupun Luring, banyak kendala yang dihadapi sekolah. “Karena kalau selama belum perubahan status zona, siswa tetap dilarang ke sekolah. Untuk itu, saya berharap, secepatnya terjadi perubahan status dari zona orange ke zona kuning, supaya siswa diizinkan untuk ke sekolah. Sebab hingga saat ini, sekolah tidak diperkenankan untuk melakukan tatap muka dengan siswa. Tapi saat ini, meskipun ada terkendala, kita tetap tetap berupaya melakukan PJJ ini,” ungkap Sitaniapessy, Selasa (28/7).

Ia mengatakan, memasuki tahun ajaran baru 2020/2021, sekolah yang dipimpinnya itu akan akan melakukan proses belajar secara Daring maupun Luring, sesuai dengan aturan pemerintah.

Kebijakan melakukan pembelajaran secara Daring dan Luring tahun ajaran baru ini, katanya, juga sudah disesuaikan dengan data siswa. Yakni, berdasarkan data kelas VIII dan IX, terbukti lebih banyak yang berharap pembelajaran secara Luring.

“Data membuktikan, ada puluhan siswa yang tidak memiliki Hp android, 200-an siswa memiliki WiFi, 400-an tidak memiliki pulsa data. Untuk mengatasi itu, maka sekolah ambil kebijakan untuk melaksanakan belajar mengajar secara Daring dan Luring. Untuk Luring ini, yang diharapkan adalah buku paket. Tapi karena mereka masih dilarang untuk tatap muka dengan guru mengakibatkan kita belum berikan buku,” bebernya.

Untuk itu, dia sangat berharap secepatnya terjadi perubahan status zona, agar bisa melakukan pertemuan dengan para siswa. Pasalnya, dengan berbagai kendala yang ada, akan memberikan dampak buruk bagi proses belajar yang dilakukan saat ini.

“Untuk PJJ ini kan, buka saja terkendala fasilitas dan akses, tapi juga SDM para guru yang juga masih terbatas dalam menggunakan berbagai aplikasi yang ada. Jika semua ini terpenuhi, maka bisa saja pembelajaran secara Daring dapat berjalan dengan baik.Tapi lebih baik lagi, kita belajar secara tatap muka. Namun itu bisa tercapai, kalau Kota Ambon sudah zona hijau. Karena itu, kita berdoa, semoga Kota Ambon cepat perubahan status zona,” pungkasnya. (LAM)

Comment