by

Sekolah di MBD Siapkan Siswa Ikut AKM

beritakotaambon.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), meminta semua sekolah mulai mempersiapkan peserta Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) MBD, Ferdinand Lewier, mengungkapkan, AKM jenjang SD hingga SMA tahun 2021 akan segera dilaksanakan bulan mendatang.

Ferdinad mengatakan, AKM merupakan momentum evaluasi dari pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan. Sehingga semua SD dan SMP di Kabupaten MBD, harus mengikuti AKM.

Baca juga: Babinsa Bagi Buku ke Siswa SD di MBD

Dia mengungkapkan, rata-rata sekolah di MBD terkendala dengan fasilitas dan peralatan AKM. Akibatnya, sekolah tidak bisa melakukan pelatihan bagi siswa dan guru.

“Karena AKM dilaksanakan menggunakan komputer secara daring untuk menjawab dan menampilkan soal, jadi mau tidak mau, kita harus upayakan berbagai cara untuk siapkan peserta AKM ditengah kekurangan yang ada. Jadi, kita atur untuk sekolah khusus SMP yang berdekatan bergabung di sekolah yang punya fasilitas untuk latihan bersama. Misalnya di wilayah Babar Barat dan Babar Timur, sekolah yang berada di Kecamatan Dawelor-Dawera itu bergabung dengan sekolah yang ada di ibukota Kecamatan Babar Timur, yakni, Letwurung ” terang Ferdinand, Rabu (8/9).

Sementara pelatihan untuk tingkat SD, katanya, baru akan dilakukan pada Nopember mendatang, dengan tetap menyesuaikan dengan fasilitas maupun peralatan di setiap sekolah.

“Jadi saat ini, semua sekolah di MBD sementara dalam taraf persiapan sekaligus pelatihan. Pelatihan di sekolah saja. Yang tidak punya fasilitas, tetap ikut, tapi numpang di sekolah lain,” pungkasnya.(LAM)

Baca juga: Pemkot Beri Penghargaan ke Harian BeritaKota Ambon

Comment