by

Sekolah Diingatkan Tentukan Kelulusan Sesuai Prosedur

Ambon, BKA- Dinas Pendidikan Kabupaten Buru mengingatkan semua sekolah untuk menentukan kelulusan sesuai prosedur.

Bahwa meskipun penentuan kelulusan tahun 2021 menjadi kewenangan sekolah, namun mesti sesuai prosedur yang telah diatur lewat Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor 1 tahun 2021, tentang peniadaan Ujian Nasional (UN) dan petunjuk pelaksanaan ujian tahun 2021.

“Kriteria penentuan kelulusan itu, diantaranya, akumulasi nilai semester ditambah Ujian Sekolah (US) . Itu yang kita ingatkan dan ditegaskan ke sekolah, kalau penilaian itu harus benar-benar mengikuti prosedur. Jangan menilai, karena kasihan atau hubungan keluarga atau karena menjaga perasaan anak-anak,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Buru, Abd. Rahim Umasugi, kemarin.

Proses ujian tingkat SD maupun SMP, menurutnya, telah dilakukan. Untuk tingkat SMP berlangsung 29 Maret, sedangkan untuk SD berlangung pada 5 April lalu, menggunakan protokol kesehatan yang ketat.

“Secara tatap muka. Tetapi di bagi, peserta 50 persen atau di bagi dua. Pelaksanaan ujian SD dan SMP itu sudah kami laksanakan dengan protokoler kesehatan, benar-benar kami jaga seperti memakai masker , tempat cuci tangan disiapkan. Jadi Selama ujian, prosesnya menjaga dan mematuhi peraturan pemerintah,” tandas Umasugi (LAM)

Comment