by

Sekolah Fokus Persiapan AN

SD Alhilaal II Ambon terus melakukan berbagai pelatihan, guna menyiapkan siswa mengikuti Asesmen Nasional (AN) pada September 2021 mendatang.

Kepala SD Alhilal II Ambon, Fatima Abidin, mengungkapkan, walau proses pembelajaran hingga saat ini belum berjalan maksimal, namun sekolah harus terus mengambil kebijakan atau strategi guna menghadapi pelaksanaan AN.

Berbagai persiapan tersebut dinilai penting, katanya, sebab pelaksanaan AN mendatang merupakan yang pertam atau perdana. Sehingga perlu persiapan yang serius oleh pihak sekolah.

“Kalau itu kebijakan yang harus dilakukan bulan September, maka kita tetap ikuti saja. Nah, untuk sementara, sudah dilakukan sosialisasi bagi guru kelas V. Nanti besok (hari ini) tanggal 17 dan 18 (Mei) untuk guru kelas IV,” ujar Fatima, Minggu (16/5).

Hasil AN nanti, menurutnya, akan menentukan perkembangan kualitas Satuan Pendidikan (SP) secara kelembagaan. Sehingga mau tidak mau, sekolah harus berupaya menyiapkan para siswa kelas V yang nantinya menjadi peserta AN.

“AN ini kan untuk uji sejauh mana tingkat kualitas Satuan Pendidikan (SP), jadi sangat membutuhkan kesiapkan sekolah. Sebab bukan secara individu siswa yang dinilai, tapi sekolah secara kelembagaan. Dimana AN akan menilai langsung kualitas sekolah dengan menjadikan siswa sebagai sampel. Dalam aturan, jumlah peserta AN untuk tiap tingkatan sekolah sudah ada. Untuk SD 30 peserta, sehingga kita tinggal sesuaikan saja,” tandas Fatima.(LAM)

Comment