by

Sekolah Mulai Disiapkan Lakukan AN 2021

Ambon, BKA- Kepala SMP Negeri 2 Ambon, Gani Suat, mengatakan, menjelang pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) 2021 mendatang, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ambon mulai myiapkan pihak sekolah untuk menghadapi hal itu. Misalnya, mulai melakukan pelatihan bagi guru-guru mata pelajaran.

“Jelang AN tahun depan ini, kita mulai dengan persiapan-persiapan bagi sekolah. Dimana sekarang pemerintah sudah buat pelatian bagi guru mapel,” ucap Suat, Kamis (19/11).

Terhadap pelatihan yang dilakukan itu, Suat sangat mangapresiasinya. Karena program Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, ini membutuhkan kesiapkan sekolah yang matang. Sebab bukan secara individu siswa yang dinilai, tapi sekolah secara kelembagaan.

“Penilayan AN ini kan bertujuan untuk bagaimana menilai langsung kualitas sekolah, dengan mengunakan siswa sebagai sampel. Untuk SD, kelas V. SMP kelas VIII. Jadi untuk alurnya, kita hanya pelaksanaan teknis. Soal jumlah peserta, itu sudah diatur oleh pusat lewat Dapodik sekolah. Karena itu, guru-guru mapel penting untuk dikuatkan kapasitasnya. Dan saya kira itu baik dan membantu sekali,” paparnya.

Berdasarkan peraturan Kemendikbud, kata Suat, jumlah peserta tiap tingkatan sekolah sudah ditentukan. Sehingga sudah dapat memudahkan sekolah dalam menyiapkan anak-anak didik jelang AN nanti.

“Di dalam aturan itu, jumlah peserta AN untuk tiap tingkatan sekolah sudah ada. Untuk SD 30 peserta, SMP dan SMA/SMK sederajat itu sekitar 40 peserta. Jadi itu nanti berjenjang, sehingga kita tinggal sesuaikan saja. Sebab sekolah tidak punya kewenangan untuk mengatur. Pusat yang atur langsung dari data dapodik. Soal penilaian, itu kami yang melakukan prosesnya. Yang penting kan, kita sudah memulai. Mudah-mudahan, semua kesiapan hingga saatnya nanti berjalan lancar,” harap Suat. (LAM)

Comment