by

Sekolah Mulai Jalankan Jumat Sedekah

Ambon, BKA- Setelah mengikuti sosialiasi dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Dinas Pendidikan (Disdik) terkait program Jumat Sedekah pada awal Bulan Januari lalu, kini sejumlah sekolah di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) mulai menjalankannya.

Plt Kadisdik SBT, Sidik Rumalowak, mengatakan, kegiatan yang dilakukan setiap Jumat itu dilakukan secara ikhlas dan lancar, yakni, guru maupun siswa diminta turut berpartisipasi dalam membangun pendidikan lewat program tersebut, guna mendorong laju dan pengembangan pendidikan di SBT yang memiliki sekitar 43 ribu siswa itu.

Untuk itu, Rumalowak sangat mengapresiasi bahkan bersyukur, Karena semua tingkatan sekolah pada kabupaten itu sangat antusias dalam menyukseskan program tersebut.

“Sudah ada beberapa sekolah di Kota Bula yang jalankan Jumat Sedekah ini. Dan itu kita upayakan harus semua sekolah jalan. Untuk waktu dekat ini, ada juga sekolah yang jalan sehingga sementara berproses. Saya terus sampaikan, bahwa ini bukanlah pungli, tapi sebagai langkah ibadah kolektif kita demi mendorong pendidikan, dengan cara pengelolaan keuangan yang lebih ketat dan terbuka secara periodik kepada semua pihak, sebagai bentuk akuntabilitas pertanggubgjawaban,” jelasnya, Jumat (26/2).

Dikatakan, hasil dari Jumat Sedekah itu akan dikumpulkan kepada TIM PGRI SBT, untuk selanjutnya dipergunakan untuk membantu sekolah-sekolah yang membutuhkan.

“Sekolah yang sudah bagus harus membantu yang belum bagus. Jadi kolektif sesuai sasaran, dan itu yang harus dibantu bersama. Berapa pun yang didapat, akan dikumpulkan ke Tim PGRI Peduli Pendidikan di tingkat Kabupaten. Semoga yang kita programkan ini berjalan lancar, untuk membangun mutu pendidikan di SBT,” harap Rumalowak. (LAM)

Comment