by

Sekolah Mulai Siapkan Ujian Kenaikan Kelas

SD Negeri 15 Ambon saat ini tengah mempersiapkan pelaksanaan ujian kenaikan kelas bagi siswa kelas I hingga kelas V.

Kepala SD Negeri 15 Ambon, Marcus Mailoa, mengungkapkan, persiapan pelaksanaan ujian kenaikan kelas, sama dengan persiapan ujian kelulusan. Yakni, menjadikan protokol kesehatan sebagai prioritas utama.

“Sekarang kan Kota Ambon sudah masuk zona kuning. Jadi protokol kesehatan harus tetap dijaga, khususnya dalam setiap kegiatan sekolah, termasuk proses ujian kenaikan kelas di bulan mendatang. Bahwa sebenarnya dengan kesiapan yang dilakukan, kita berharap proses ujiannya tatap muka, tapi kalau tidak bisa, maka tetap kita ujian jarak jauh saja seperti ujian kelulusan kemarin,” kata Mailoa, Sabtu (15/5).

Ujian kenaikan kelas, katanya, merupakan penentu utama bagi siswa bisa naik kelas. Sehingga perlu ada kesiapan sekolah dari segi fasilitas dan peralatan, maupun kesiapan dari siswa dan orangtua melalui proses belajar di rumah.

“Memang belajar mengajar tidak berjalan maksimal, sehingga dalam penilaian kenaikan kelas sebenarnya mesti disesuaikan. Tapi nanti tidak sesuai dengan prosedur. Jadi ujian kita siapkan secara baik, guna mengisi item-item penilaian sesuai hasil yang diperoleh dari siswa. Jangan sampai sekolah dinilai rekayasa dalam penilaian kenaikan kelas,” pungkas Mailoa.(LAM)

Comment