by

Sekolah Pasti Siap AN 2021

Ambon, BKA- SMP negeri 2 Ambon siap untuk mengikuti pelaksanaan Assesmen Nasional (AN) di tahun 2021 mendatang, sebagai pengganti pelaksanaan Ujian Nasional (UN).

Kepala SMP Negeri 2 Ambon, Gani Suat, mengatakan, pihaknya terus mendorong para guru untuk meningkatkan kapasitas diri, baik itu di lingkungan dalam berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ambon


“Jadi untuk AN tahun depan ini, kita sudah mulai dengan persiapan-persiapan bagi sekolah. Beberapa waktu lalu, pemerintah sudah buat pelatian bagi guru Mapel (mata pelajaran), dan itu akan kita lanjutkan pelatihan terus. Supaya pada saatnya, mereka sudah siap,” terang Suat, Minggu (13/12).

Dia menilai, apa yang dilakukan oleh Pemerintah lewat Disdik Kota Ambon tersebut sangat bermanfaat bagi proses peningkatan kapasitas guru jelang AN 2021 mendatang. Sebab AN ini perlu kesiapkan sekolah yang matang, karena penilaian tidak individu, tapi secara kelembagaan.

“Itu bertujuan untuk bagaimana menilai langsung kualitas sekolah, dengan menggunakan siswa sebagai sampel. Untuk SD kelas V, SMP kelas VIII dan SMA itu kelas XI. Jadi untuk alurnya, kita hanya pelaksana teknis. Soal jumlah peserta itu sudah diatur oleh pusat lewat Dapodik sekolah. Karena itu, guru-guru Mapel penting untuk dikuatkan kapasitasnya. Dan saya kira itu baik dan membantu sekali,” tuturnya.

Dirinya berharap, dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh sekolah, AN mendatang dapat berjalan lancar, sesuai dengan harapan Pemerintah Pusat (Pempus).

“AN ini kan baru pertama kali ini mau dilakukan, tahun depan. Jadi perlu kita siapkan dengan baik. Khusus guru, kita akan dorong terus agar mampu meningkatkan kompetensinya,” pungkasnya (LAM)

Comment