by

Sekolah Pastikan Dana BOS Untuk Siswa Belajar Daring

Ambon, BKA- Kepala SD Negeri 61 Ambon, L. Haumahu, mengungkapkan, kalau akan membantu siswanya dalam proses belajar Daring, dengan memberikan bantuan pulsa data kepada mereka.

Bantuan pulsa itu, katanya, akan diberikan melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Perkemendikbud) Nomor 19 Tahun 2020.

Namun bantuan tersebut, katanya, akan diprioritaskan bagi siswa kurang mampu saja. Sehingga pihaknya telah melakukan pendataan.

“Dalam pelaksanaannya, ada mekanisme yang harus disiapkan, agar tidak bermasalah dikemudian hari. Karena ini menyangkut penggunaan anggaran. Itu artinya harus ada juknis yang jelas sebelum dana digunakan, agar bisa dipertanggungjawabkan nantinya. Soal data memang kita ada sekitar 80 siswa, jadi perlu diatur baik-baik. Sehingga soal berapa besar yang akan dibantu dan mekanisme lainnya, nantinya akan diatur kemudian ketika anggaran sudah cair. Intinya, siswa pasti akan dibantu,” terangnya.

Untuk itu, Haumahu mengingatkan, siswa maupun para orangtua, agar nantinya dapat memanfaatkan bantuan pulsa maupun pulsa data itu dengan baik, khusus untuk kepentingan belajar Daring. Bukan untuk kepentingan lainnya. Sebab anggaran yang dikeluarkan cukup besar hanya untuk kepentingan belajar anak-anak didik.

“Kalau kedapatan pulsa atau pulsa data itu untuk kepentingan lain, maka bisa saja siswa itu tidak dibantu lagi. Karena itu, kalau nanti dapat bantuan, tolong dipergunakan dengan baik. Karena dana BOS sesuai intruksi Pak Menteri harus dipergunakan untuk membantu siswa belajar Daring. Sehingga sekolah harus siap untuk lakukan itu sesuai dengan aturan yang ada. Yang terpenting dipergunakan sesuai kebutuhan selama belajar Daring,” ingatnya. (LAM)

Comment