by

Sekolah Penggerak Butuh Kesiapan SDM Guru

Kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) guru sangat berperan dalam menunjang sekolah menyukseskan program Sekolah Penggerak.

Kepala SD Negeri 5 Ambon, Amir Suailo, mengatakan, SDM guru harus terus disiapkan. Sebab guru merupakan salah satu elemen terpenting untuk menyukseskan program Sekolah Penggerak.

“Guru merupakan penggerak utama dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Karena itu, SDM guru perlu disiapkan lebih awal, sebelum program Sekolah Penggerak dijalankan. Bagi saya, itu hal pertama yang harus kita perhatikan. Sebab guru yang sudah terlatih, itu nantinya yang akan menggerakkan teman-teman guru lain serta elemen sekolah lainnya, dalam rangka peningkatan kompetensi melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan. Salah satunya, yakni, Analis Kompetensi Minimum (AKM) atau dengan angka skala,” ujar Suailo, Senin (14/6).

Berbagai program pemerintah saat ini, kata dia, terus menjadikan guru sebagai pilar utama. Karena guru merupakan penentu kesukses kualitas mutu pendidikan generasi bangsa di waktu mendatang.

“Guru penggerak, sekolah penggerak dan sejumlah program lainnya, fokus pada guru. Oleh karena itu, SDM guru terus kita siapkan lewat pelatihan dari dinas maupun dari sekolah. Dengan kesiapan SDM, saya yakin program pemerintah dapat berjalan sukses,” pungkas Suailo.(LAM)

Comment