by

Sekolah Telah Atur Teknis Belajar Tatap Muka

Ambon, BKA- Meskipun belum ada kepastian belajar tatap muka dilakukan tahun 2021 mendatang, namun sejumlah sekolah telah mengatur teknis pelaksanaannya. Seperti yang dilakukan SD Negeri 15 Ambon.

Kepala SD Negeri 15 Ambon, Marcus Mailoa, mengatakan, teknis belajar tatap muka yang disiapkan itu, tidak lain untuk mencegah penyebaran virus dilingkungan sekolah. Jika Pemerintah Kota (Pemkot) mengijinkan belajar tatap muka awal tahun depan.

Menurutnya, meski Kota Ambon masih berada pada zona orange, tapi demi kebutuhan belajar siswa, pihaknya siap melakukan belajar tatap muka. Yang terpenting Pemkot Ambon mengijinkan.

“Sampai sekarang belum ada perintah dari walikota. Jadi mungkin akan tetap masih dalam proses Daring. Tapi sekolah sudah menyiapkan semua yang akan disesuaikan dengan protokoler kesehatan (masker, tempat cuci tangan , ruangan yang steril). Intinya kalau jadi belajar tatap muka, kita sudah siapkan semua. Soal teknis belajar di sekolah pun sudah kita atur,” ujarnya, Selasa (19/12).

Terkait teknis belajar tatap muka yang telah disiapkan, ungkap Mailoa, setiap kelas akan dibagi dua. Misalnya kelas 1 ada 30 siswa, maka kita bagi menjadi 2 kelompok.

“Kelompok 1 masuk dari pagi pukul 07.00 WIT sampai pukul 10.00 WIT. Dan kelompok 2 masuk mulai pukul 10.00 WIT sampai 13.00 WIT. Itu berarti 1 hari 1 kelas. Kita perlu atur lebih awal, harus jaga jarak sampai benar-benar kondisi ini normal. Kalau nanti kita belajar tatap muka dalam zona orange pun, kita siap. Yang penting diijinkan,” ujar Mailoa.

Memang pada kondisi saat ini, terangnya, kesehatan dan keselamatan siswa menjadi prioritas ditengah pandemi Covid-19 ini. Karena itu, pihaknya akan tetap menunggu intruksi Pemkot Ambon.

“Yang pasti, kami menunggu berita dari walikota. Apalagi dengan kondisi sekarang masih zona orange. Kita harus antisipasi. Bahwa memang kondisi saat ini tidak normal sama sekali, sehingga pasti menunggu vaksinasi dan prosesnya juga panjang. Kesimpulan, kita belum bisa tahu nantinya sekolah ini akan berproses tatap muka atau Daring di Januari atau Februari. Kita menunggu keputusan walikota saja. Kalau diperintahkan, kita jalan. Karena kita juga sudah siapkan teknisnya,” pungkas Mailoa. (LAM)

Comment