by

Sekolah Tunggu Intruksi Disdik Soal AN

Ambon, BKA- Untuk kesiapan pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) tahun 2021, pihak sekolah masih menunggu intruksi Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ambon.

Kepala SD Negeri 85 Ambon, J. Talacua, mengatakan, penundaan pelaskanaan AN hingga pada September mendatang, harus dimanfaatkan piak Disdik Kota Ambon melakukan sosialisasi teknis pelaksanaan AN bagi sekolah.

“Pokoknya kita tetap siap lakukan AN. Tinggal menunggu intruksi Disdik soal kesiapan teknisnya,” ucap Talacua,
Jumat, (29/1).

Hal itu penting untuk dilakukan, apalagi katanya, ada tiga instrumen yang telah ditentukan untuk pemetaan pendidikan di Indonesia, yakni, asesmen kompetensi minimal, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

Selain itu, penentuan peserta AN dilakukan secara acak oleh pemerintah pusat, berdasarkan data Dapodik sekolah. Sehingga sekolah perlu siapkan semua siswa, agar semuanya siap untuk mengikuti AN.

“Menurut saya, AN ini sangat baik karena itu untuk mengukur semua siswa. Apakah mampu secara akademik, karakter ataukah tidak, tanpa membeda-bedakan mana siswa yang mampu dan mana yang di bawah rata-rata akademik. Nah, tentu itu membuat kita juga harus matangkan kesiapan anak-anak. Bila perlu kita lakukan simulasi. Tapi dengan kondisi begini, perlu ada intruksi dari dinas dulu. Jangan sampai kita ambil kebijakan yang pada nantinya melanggar apa yang sudah diatur berkaitan dengan protokol kesehatan,” terangnya.

Jika dibandingkan dengan Ujian Nasional (UN), akuinya, AN memang tidak membutuhkan banyak kesiapan. Namun harus tetap menjadi perhatian sekolah, karena merupakan hal baru bagi sekolah. Dilain sisi, hasilnya sangat dibutuhkan dalam rangka mengevaluasi hasil belajar siswa, maupun mutu pendidikan sekolah secara kelembagaan.

“Jadi kita tunggu saja petunjuk dari dinas. Disamping kita siapkan anak-anak, agar pada saatnya sudah siap untuk ikut AN. Prinsipnya, kita tetap siap kapan saja untuk AN ini,” tandas Talacua. (LAM)

Comment