by

Sekolah Tunggu Intruksi Pemkot Buka Sekolah

Ambon, BKA- Semua sekolah mulai dari tingkat PAUD hingga SMP di Kota Ambon, terus menunggu intruksi Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon terkait rencana pembukaan sekolah di awal Januari 2021 mendatang.

Kepala SD Inpres 36 Rumah Tiga, A. Matekohy, mengatakan, sejak pemerintah mengambil kebijakan untuk menggelar belajar jarak jauh pada Maret lalu, SD tersebut langsung melakukan penyesuaian. Yakni melakukan pembelajaran secara Luring.

Namun lama-kelamaan, sekolah mulai sulit untuk mempertahankan sistem pembelajaran ini, karena anak-anak sudah jenuh belajar di rumah.

Oleh karena itu, sangat diharapkan, Pemkot Ambon dapat mengambil langkah, guna membantu anak-anak dalam proses pembelajaran.

“Memang kita pahami juga, kalau PJJ ini masih dilakukan, karena Kota Ambon masih zona orange. Sehingga sebenarnya sekolah sangat mendukung itu lewat PJJ ini, tanpa sekalipun melakukan belajar tatap muka selama pandemi ini. Tapi anak-anak sudah jenuh sekali, membuat orantua pun kesulitan untuk mengatur mereka belajar. Aktivitas anak di rumah sudah seperti biasa, bermain di luar rumah. Oleh karena itu, kita harapkan, belajar tatap muka tahun depan ini. Tapi belum ada intruksi Pemkot, jadi kita tunggu saja,” ucap Matekohy, Kamis, (3/12)

Kendati demikian, katanya, proses belajar terus berjalan. Bahkan saat ini, pihaknya tengah berproses untuk Penilaian Akhir Semester (PAS). Karena sekalipun belajar jarak jauh, namun proses penilaian tetap berjalan seperti biasa, lantaran pihak dinas selalu melakukan pemantauan dan pengawasan terkait proses pembelajaran yang dilakukan.

“Karena situasi. Jadi, mau tidak mau, kita harus berusaha secara maksimal, agar proses belajar maupun penilaian tetap jalan. Mudah-mudahan, anak-anak tetap diberikan kesehatan dan semangat untuk belajar. Hingga pemerintah ijinkan kita buka sekolah,” tutup Matekohy. (LAM)

Comment