by

Sekolah Tunggu Petunjuk Disdik Soal Kelulusan 2021

Ambon, BKA- Hingga saat ini pihak sekolah masih menunggu petunjuk Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ambon, terkait teknis penentuan kelulusan.

Kepala SMP Negeri 2 Ambon, Gani Suat, mengatakan, petunjuk terkait teknis kelulusan dari Disdik Kota Ambon sangat diperlukan, karena proses penentuan kelulusan siswa untuk tahun 2021 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yang memang masih menggunakan sistem Ujian Nasional (UN) sebagai ukuran utama penentuan kelulusan siswa.

“Jadi soal penentuan kelulusan tahun ini, kita masih menunggu petunjuk Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik),” ujar Suat, Kamis (25/2).

Dia mengaku, terkait teknis penentuan kelusan, memang sudah ditetapkan berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Namun hal itu perlu juga disesuaikan dengan petunjuk Disdik, mengingat di Kota Ambon sendiri masih dalam zona merah penyebaran Covid-19.

“Sehingga tidak bisa langsung sekolah ambil kebijakan sendiri, walaupun sebenarnya kita sudah diberikan kewenangan untuk mengatur teknisnya. Bahwa selain portofolio dan akumulasi nilai semester, ada juga ujian yang dilakukan oleh masing-masing Satuan Pendidikan (SP). Nah, saya kira soal ujian ini yang penting untuk disesuaikan dengan petunjuk dinas. Apakah semua teknisnya sekolah yang atur ataukah seperti apa. Yang pasti, kita tetap pada protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus bagi guru, siswa juga orangtua. Jadi itu yang membuat kita masih menunggu petunjuk dinas, sambil kita mempersiapkan anak-anak kita. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sudah ada petunjuknya,” harap Suat. (LAM)

Comment