by

Sembako Aman Tiga Bulan Kedepan

Ambon, BKA- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon memastikan, ketersediaan sembilan bahan pokok (sembako) masih aman untuk tiga bulan kedepan. Yakni terhitung sejak April 2021.

Secara rinci dijelaskan, untuk stok beras sejak 14 April kemarin, tersedia kurang lebih 3 ribu ton. Kemudian minyak goreng 245.358 liter, terigu 7683 ton, telur ayam beras 635.385 butir, gula pasir 573 ton, margarin 169 ton, susu kaleng 459.49 kaleng, garam 44 ton, dan ayam beras 725 ton.

“Rencana masuk terigu. Terigu itu 9460 ton. Kemudian untuk telur ayam beras itu, 171 butir, gula pasir 43 ribu ton, ayam beras itu 10 ton,” jelas Kepala Disperindag Kota Ambon, Sirjhon Slarmanat, kepada wartawan di Balai Kota, Kamis (15/4).

Dirinya mengaku, rata-rata harga sembako tersebut masih stabil di Kota Ambon. Hanya saja, beberapa hari lalu harga cabai sedikit bergerak, tetapi sudah kembali normal. “Cabai saja yang bergerak, tapi sudah stabil,” sebutnya.

Dipaparkan, saat ini lonjakan harga yang terjadi ada pada harga buncis. “Buncis itu harga sebelumnya 35 ribu, sekarang naik menjadi 40 ribu. Jadi untuk buncis itu sedikit, dia mengalami kenaikan sedikit,” ucap Slarmanat.

Sementara untuk bawang merah atau putih, sambung dia, ada sedikit perubahan. “Bawang merah, harganya dikisaran 32 ribu per kilo. Dan 13 April kemarin, dari pantauan harga itu dia naik 35 ribu per kilo. Bawang putih kemarin 25 ribu dia naik 30 ribu, ” bebernya.

Untuk menjaga kestabilan harga bahan dapur di pasar, tambah dia, pihaknya akan tetap melakukan operasi pasar. “Tujuan operasi pasar ini, untuk menstabilkan harga di pasar. Sehingga tidak terjadi penumpukan stok yang seakan-akan ada unsur kesengajaan. Itu yang kita cegah,” pungkasnya. (IAN)

Comment