by

Sempat Mandek, Ekspor Ikan Kembali Dilakukan

Ambon, BKA- Sempat mandek lantaran merebaknya wabah Covid-19 di Kota Ambon, ekspor ikan kembali dilakukan Dinas Perikanan Kota Ambon. Sebab, permintaan ikan dari luar negeri sudah mulai meningkat.

Kepala Dinas Perikanan Kota Ambon, Steven Patty mengaku, permintaan Ikan ke luar negeri sudah mulai meningkat. Karena akses keluar masuk sudah mulai dibuka, meski kondisi belum normal seperti sebelumnya.

“Tinggal mulai ekspor ke luar negeri maupun regional, disini sudah mulai jalan. Tapi memang volumenya sudha mulai meningkat. Kebetulan cuaca juga, musim juga mendukung sehingga ketersediaan stok ikan ada lumayan,” ungkap Patty, kepada wartawan di Balai Kota, Jumat (6/11).

Dipaparkan, untuk jenis ikan yang paling diminati adalah jenis ikan Tuna. Dan beberapa bulan sebelumnya, stok ikan dari Kota Ambon tidak dapat diekspor ke luar lantaran beberapa wilayah masih ditutup.

Tak hanya itu, sambung Patty, ikan layang juga saat ini sedang dilirik oleh negara Cina. Sehingga Kota Ambon termasuk salah satu kota yang mengekspor ikan Layang ke negara Tirai Bambu.

“Kemarin informasi yang saya dapati itu ada ikan Layang, masih sementara persiapan untuk ekspor ikan Layang,” tambahnya.

Patty menyebutkan, sesuai permintaan, negara Jepang dan Cina menjadi negara dengan permintaan terbanyak untuk diekspor ikan. (BKA-1)

Comment