by

Sempat Positif Covid-19, 54 Nakes Sembuh

AMBON-BKA, Sempat terpapar Covid-19 pada Juni 2021 lalu, 45 Tenaga Kesehatan (Nakes) Kota Ambon kini telah sembuh melalui hasil swab yang keluar sebanyak dua kali dan dinyatakan negatif.

Diketahui, data Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Ambon pada Juni kemarin, sebanyak 150 Nakes terkonfirmasi positif Covid-19.

Mereka terpapar virus mematikan ini, lantaran aktivitas vaksinasi yang padat dan cuaca yang tak mendukung, membuat imunitas mereka menjadi turun.

“Mungkin juga karena vaksinasi-vaksinasi massal, mereka turun lapangan juga, kondisi tubuh yang cape dan cuaca. Ya, itu pasti imun tubuh menurun,” terang Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon, Wendy Pelupessy, kepada wartawan, Jumat (23/7).

Dia mengaku, Nakes yang sekarang menjadi pasien Covid-19 tak hanya dirawat pada isolasi terpusat. Namun, ada juga yang melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Dan 54 Nakes dimaksud, saat ini sudah menjalankan aktivitas seperti biasa. “Dari 150 Nakes yang terpapar tersebut, 54 sudah dapat melakukan aktivitas seperti biasa,” bebernya.

Wendy juga mengaku, ada penambahan jumlah Nakes yang terpapar dari dua puskesmas. Yakni Puskemas Nania dan Puskemas Lateri. “Untuk Puskesmas Nania ada 15, dan Puskesmas Lateri ada 9 orang,” ucapnya.

Untuk penanganan yang telah dilakukan, tambah Wendy, puskesmas telah disemprot cairan disinfektan. Dan Nakes yang tidak terpapar juga tetap melakukan kegiatan layanan seperti biasa. (IAN)

Comment