by

Semua Kepsek Diupayakan Miliki NUKS

Ambon, BKA- Kepala Cabang (Kacab) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Vecky Hematang, akan mengupayakan agar semua Kepala Sekolah (Kepsek) SMA/SMK se-Kabupaten MBD memiliki Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS).

Upaya itu dilakukan, katanya, karena masih ada sejumlah Kepsek di kabupaten itu yang belum memiliki NUKS, yang merupakan salah satu persyaratan menjadi seorang Kepsek.

“Di MBD itu baru sebagian Kepsek yang sudah miliki NUKS.
Jadi saya terus dorong kepala-kepala sekolah yang lain agar ikut pelatihan,” ungkap Hematang, Minggu, (25/4)

Menjadi Kepsek, menurut Hematang, bukan saja memenuhui persyaratan golongan atau pangkat dan sertifikasi. Tapj juga harus memiliki NUKS, sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Permendikbud).

“Sehingga kami terus mengupayakan supaya kepala-kepala sekolah yang memenuhi syarat, itu harus ikut pelatihan. Sebab, sekarang agak kesulitan pada proses pengusulan calon Kepsek. Pada saat mau diusulkan, rata-rata belum punya NUKS, bahkan ada yang belum sertifikasi. Nah, itu yang mendorong kami untuk berupaya supaya kedepan semua Kepsek sudah punya NUKS,” pungkas Hematang. (LAM)

Comment