by

Sertu Babudin Dampingi Petani Panen Padi

Ambon, BKA- Babinsa Koramil 1502-05/Wahai, Kodim 1502/Masohi, Sertu Babudin Latua bersama petani Desa Samal melaksanakan panen padi di areal sawah menggunakan alat panen Combain Helvester. Dengan hasil panen sebanyak 3,5 ton/ha gaba basah di Desa samal, Kecamatan Seram Utara Timur, Maluku Tengah Selasa (17/11).
Kegiatan pendampingan yang dilakukan tersebut, merupakan bentuk monitoring bidang pertanian upsus pajale. Sebagai salah satu langkah untuk mensukseskan program pemerintah dalam rangka mewujudkan Swasembada Pangan di Desa Samal, khususnya pada wilayah Kecamatan Seram Utara Timur.

Sertu Babudin mengaku, pelaksanaan panen padi di sawah milih bapak Bunasir, dilakukan tidak menggunakan alat tradisional. Tetapi menggunakan alat panen modern yaitu Combain Helvester.

Menurut dia, mesin panen padi Combine Harvester didesain untuk membantu proses mekanisasi pemanenan padi. Sehingga dengan hadirnya mesin modern itu, tentunya dapat mendukung petani untuk lebih mudah dalam pekerjaannya. Dan bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal.

“Setelah selesai panen segera melaksanakan pengolahan tanah untuk masa tanam berikutnya. Diharapkan tidak terlalu lama sawah dapat ditanami kembali,” harap Sertu Babudin. (PEN 151)

Comment