by

Sinergi Pempus dan Malra Kembangkan Industri Rumput Laut

beritakotaambon.com – Bersama Pemerintah Pusat (Pempus), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara (Malra) berupaya mengembangkan industri rumput laut, untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Keseriusan pengembangan potensi rumput laut itu terlihat pada rapat bersama antara Kementrian Koordinasi Kemaritiman dan Investasi (Marves) RI dengan Pemkab Malra, di ruang rapat Bupati Malra, Senin (23/8).

Tenaga Ahli Deputi Sumberdaya Maritim Kementrian Koordinasi Marves dan Tenaga Ahli Menteri Kelautan dan Perikanan, Safri Burhanudin, mengatakan, rapat tersebut bertujuan untuk mengembangkan industri rumput laut di Malra.

Hal tersebut dilakukan, katanya, karena Pempus telah memutuskan Kbupaten Malra sebagai Seaweed Estate (Kampung Rumput Laut).

“Ada dua wilayah di Indonesia, yakni, Maluku Tenggara di Provinsi Maluku dan Sumba Timur telah diputuskan sebagai kampung rumput laut atau Seaweed Estate,” ungkap Safri.

Ketika telah diputuskan menjadi Seaweed Estate, terangnya, maka wilayah Malra akan dikelola secara terintegrasi sebagai industri yang mampu mensejahterakan masyarakat dengan adanya pertumbuhan ekonomi.

Semua penganggaran pengembangan industri rumput laut di Kabupaten Malra, teragnya, sebagian besar dibiayai Pempus. Sehingga direncanakan, program ini akan berjalan pada 2022 mendatang.

Selain itu, pengembangan Seaweed Estate wilayah Malra akan ada keterlibatan sektor swasta, dalam hal ini investor.

Untuk itu, lanjutnya, Pemkab Malra perlu menyiapkan lahan atau kawasan serta kesiapan masyarakat dan tenaga kerja, untuk pengembangan industri rumput laut.

Namun semua itu, ungkap Safri, telah dipenuhi Pemkab Malra dengan membentuk membentuk tim percepatan pengembangan usaha rumput laut. “Tinggal saat ini kita sinergikan bersama untuk mewujudkan industri rumput laut di daerah ini, karena yang kita ketahui bersama bahwa salah satu potensi dan sudah dikerjakan oleh masyarakat di daerah ini, yakni, rumput laut,” pungkanya.(MG-3)

Comment