by

Sinergitas Lintas Sektor, Faktor Utama Peningkatkan Pariwisata

Ambon, BKA- Salah satu sektor unggulan yang harus digerakkan dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), yakni, sektor pariwisata.

Tapi untuk mengupayakan efektifitas sektor pariwisata, membutuhkan sinergitas lintas sektor dijajaran Pemerintahan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), baik eksekutif, legislatif, swasta maupun masyarakat.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten MBD, Lambertus S. Leha, mengungkapkan, potensi pariwisata di Kabupaten MBD sangat menjanjikan. Namun tak dapat dipungkiri, hal itu belum ditunjang dengan infrastruktur pendukung.

Dengan masuknya taman bawah laut Welora sebagai spot destinasi wisata baru di Indonesia, katanya, maka rencana strategis Pemkab MBD adalah melakukan koordinasi serta kolaborasi dan sinergitas lintas sektor dan OPD teknis, dalam upaya menggenjot pembangunan infrastruktur penunjang pariwisata di daerah tersebut.

“Kalau kita bicara destinasi wisata, maka kita bicara dari sektor perhubungan (bandara dan pelabuhan). Selain itu, persoalan ketersediaan jalan, air bersih, komunikasi, hotel, penginapan, homestay, maka harus ada koordinasi dan kolaborasi lintas sektor,” ucapnya.

Leha menjelaskan, banyak yang sudah dirancang dan diprogramkan oleh Dinas Pariwisata. Namun itu perlu dikoordinasikan dan dikolaborasikan dengan OPD teknis lainnya. Sebab penganggaran penyelenggaran pemerintahan saat ini, terkendala dengan refocusing anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19 yang masih menjadi fokus pemerintah.

Upayah dalam rangka meningkatkan sektor pariwisata sebagai sektor unggulan secara makro, katanya, sudah harus dilakukan sejak dini, agar mendapat perhatian dari segi alokasi anggaran.

“Kalau mau tingkatkan PAD dari sektor pariwisata, maka pariwisata harus dijadikan sebagai sektor unggulan secara makro, sehingga ada semacam grand desain yang muaranya kepada alokasi anggaran. Sebab bicara pariwisata, maka ada kewenangan beberapa OPD teknis didalamnya. Sehingga koordinasi lintas sektoral, sangat diharapkan dalam pengembangan potensi pariwisata di daerah ini,” tandasnya.(GEM)

Comment