by

Siswa Butuh Bantuan Belajar Daring

Ambon, BKA- Sebelum proses pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dilakukan di tahun ajaran baru 2020/2021, pemerintah maupun pihak sekolah diharapkan sudah harus memastikan kesiapan peserta didik.

Guru SD Negeri 61 Ambon, Merry Wakim, mengatakan, hal itu penting dilakukan untuk meminimalisir berbagai kendala yang ada. Pasalnya, saat PJJ pertama kali diterapkan pada Maret lalu, banyak siswa yang mengalami kendala. Misalnya, tidak memiliki fasilitas untuk mengikuti proses pembelajaran Daring.

Untuk itu, dia berharap, ada perhatian pemerintah maupun instansi lain bagi siswa, lewat bantuan-bantuan yang ada. Agar mereka bisa mengikuti proses belajar Daring dengan baik, tanpa ada keluhan.

“Karena selama masih kita temukan, satu Hp digunakan beberapa orang anak. Kalau begini, maka akan sulit mensukseskan PJJ ini. Ada juga yang Hp-nya biasa-biasa saja. Apakah kita harus tetap paksakan mereka belajar Daring dengan keadaan seperti ini. Entah itu dari pemerintah, sekolah maupun pihak lainnya, mereka sangat membutuhkan bantuan. Saya sampaikan ini, karena sebagai guru, kita merasakan apa yang diarasakan oleh mereka. Sehingga saya berharap, anak-anak ini bisa dibantu dulu. Kita prihatin juga kalau mereka mengeluh karena sulit akses belajar di tengah pandemi ini, tapi kita masih terus paksakan mereka belajar Daring,” ungkap Wakim, Rabu (29/7).

Akibat pandemi ini, katanya, banyak orangtua siswa yang kehilangan pekerjaan. Tentunya ini membuat tingkat perekonomian keluarga pun menurun.

Sebab itu, Wakim sangat berharap, hal tersebut bisa diperhatikan untuk ditindaklanjuti, guna memberikan jalan keluar bagi sejumlah anak-anak, secara khusus siswa tingkat SD yang berada di Kota Ambon.

“Bersyukur keluarga atau siswa yang ada Hp android, WiFi, ada penghasilan tetap setiap bulan. Tapi kalau yang tidak punya, terus berharap orang lain, tidak punya penghasilan akibat pandemi ini, maka akan sulit belajar. Padahal mereka punya semangat yang tinggi. Semoga ada jalan keluar bagi anak-anak ini,” katanya. (LAM)

Comment