by

Siswa Diberi Ruang Belajar Sesuai Kemampuan

Ambon BKA- Untuk mengantisipasi kejenuhan selama Belajar Dari Rumah (BDR) di tengah pandemi Covid-19, siswa diberikan kesempatan belajar sesuai kemampuan.

Menurut Kepsek SD Inpres Latta, Robeka Lerebulan hal ini dilakukan agar siswa-siswi tetap semangat dalam menjalankan masa belajar jarak jauh ini.

“Supaya mereka tetap memiliki semangat untuk belajar di rumah. Tidak hanya fokus pada materi pelajaran yang diberikan oleh guru. Maksudnya, tidak harus belajar dari buku pelajaran, tapi juga bisa belajar ketrampilan dari orangtua atau pun aktivitas lainnya yang dapat tingkatkan keterampilan. Kita berikan ruang untuk belajar apa saja. Berharap, dapat membuat mereka semangat dalam belajar,” ucap Lerebulan, Minggu (1/11).

Akibat BDR yang panjang, kata Lerebulan membuat sejumlah siswa mulai merasa jenuh karena setiap hari hanya belajar sendiri tanpa teman dan guru.

Selain itu, ia menambahkan apalagi dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat guru semakin kesulitan untuk memberikan pendidikan yang layak bagi mereka. Sehingga ditakutkan akan berpengaruh bagi masa depan mereka. Untuk itu, katanya, Ia telah berupaya, lewat kebijakan yang diambilnya.

“Kita ambil langkah untuk terus memberikan motivasi bagi anak-anak agar selain belajar dari buku tema yang sudah disiapkan. Mereka juga bisa kembangkan bakat mereka lewat aktivitas apapun di rumah. Selain bisa belajar dari orangtua, tapi juga menggali bakat dalam diri. Dan itu jadi penilaian tersendiri selama BDR,” terangnya.

Lanjut Lerebulan, upaya menjaga agar anak tetap semangat juga penting sebagai solusi untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Bahwa dengan tetap berada di dalam rumah. Bukan saja tetap belajar di rumah tapi juga sebagai bentuk pencegahan penyebaran Covid-19.

“Banyak manfaatnya jika anak itu tetap semangat BDR. Artinya kita juga berupaya untuk selalu mendukung pemerintah mencegah virus ini, dengan tetap mengikuti arahan dan himbauan pemerintah, yakni tetap di rumah, belajar dan bekerja,” tandas Lerebulan. (LAM)

Comment