by

Siswa Dimotivasi Semangat Ikuti Proses BDR

Ambon, BKA- Kepala MIS Cokroaminoto Waiheru, Asaha Tatisina, terus memotivasi siswa agar tetap semangat mengikuti proses Belajar Dari Rumah (BDR).

Hal itu dia lakukan agar para siswa tidak bosan dan tidak berhenti belajar. Karena memang kondisi saat ini, menuntut siswa lebih mandiri dalam belajar.

Kota Ambon saat ini masih dalam zona merah penyebaran Covid-19, sehingga proses pembelajaran untuk sementara ini tidak diperbolehkan secara tatap muka. Melainkan tetap menerapkan BDR.

Walau tidak bisa melakukan belajar tatap muka dengan siswa di sekolah maupun di rumah secara berkelompok, namun pihaknya bersama guru tetap melakukan kontrol terhadap siswa lewat kunjungan ke rumah siswa.

“Jadi pada saat datangi siswa, kita sangat senang karena ketemu dengan anak-anak dan juga orangtua. Disana, kita melihat bagaimana orangtua itu mengajar serta menjelaskan materi pelajaran kepada anak. Itu sangat menggembirakan. Seperti itu yang sebenarnya diinginkan dari proses BDR ini, sehingga kita terus meminta mereka agar tetap semangat dalam menjalani semua itu. Karena yang diharapkan adalah, mereka bisa mendapatkan pendidikan yang layak walaupun sederhana. Yang penting materinya tersampaikan,’’ ungkapnya.

Untuk itu, dia meminta siswa dan orangtua agar selalu berkoordinasi dengan guru, terkait berbagai materi pelajaran yang belum dimengerti. Sehingga dapat dijelaskan oleh guru.

Hal itu penting dilakukan, katanya, karena saat ini, sebagian besar peran guru di sekolah sudah diambil alih orangtua pada proses BDR ini. “Itu menurut saya, merupakan satu sistem yang baik selama masih adanya BDR. Sehingga saya selalu sampaikan kepada para orangtua, agar maksimalkan pendampingan terhadap anak selama belajar, khususnya bagi siswa yang baru masuk sekolah tahun ini. Untuk siswa, kita terus berikan motivasi supaya mereka tetap semangat,” pungkasnya.(LAM)

Comment