by

Siswa SD Inpres Latta Diberi Bantuan Pulsa Data

Ambon, BKA- Para siswa SD Inpres Lata di awal tahun ajaran baru 2020/2021 diberi bantuan pulsa data internet, untuk menunjang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama masa pandemi Covid-19.

Kepala SD Inpres Latta, R. Lerebulan, mengatakan, pemberian bantuan pulsa data internet bagi sisiswa dilakukan sesuai Permendikbud Nomor 19 Tahun 2020, tentang Perubahan atas Permendikbud Nomor 8 Tahun 2020 tentang Juknis Bantuan Operasional Sekolah (BOS) reguler.

Pada Permendikbud Nomor 19 Tahun 2020 itu, jelang mengatur tentang penggunaan dana BOS untuk pembelian pulsa atau paket data, bagi para peserta didik dan para guru sebagai penunjang fasilitas belajar.

Untuk itu, pihaknya telah memberikan bantuan pulsa data selama satu bulan kepada anak-anak didiknya di awal pelaksanaan PJJ. Bantuan yang sama akan kembali diberikan kepada semua siswa untuk Agustus ini.

“Menurut saya, bantuan itu penting bagi siswa. Karena itu, dianggaran triwulan 3 ini juga kita akan berikan bantuan lagi. Jadi bukan kepada guru saja, tapi juga kepada semua siswa. Kalau hanya untuk siswa yang tidak punya WiFi di rumah juga kan, pasti bermasalah. Untuk itu, yang namanya punya Hp kita berikan pulsa,” ungkap Lerebulan, Kamis (6/8).

Menurut dia, paket data internet sangat dibutuhkan para siswa sebagai penunjang belajar dari rumah. “Jadi untuk bantuannya, kita sudah kerja sama dengan telkomsel. Sehingga ketika pencairan triwulan 3, langsung kita bayar sekaligus. Kalau dari pengalaman kemarin, kita berikan bantuan pulsa data, anggaran yang terpakai sekitar Rp 8 jutaan. Karena itu, nanti kita siapkan anggarannya supaya bisa membantu anak-anak ini. Itu yang kita lakukan, dengan harapan bisa membantu orangtua dalam membeli pulsa atau pulsa data,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan berbagai peralatan, berupa alat tes suhu tubuh, thermometer infrared, hand sanitizer, alat penyemprot disinfektan, dan pembuatan westafel di sekolah, serta pengadaan buku paket belajar bagi siswa selama proses Belajar Dari Rumah (BDR).

“Semua itu sudah kita atur. Jadi tahap pertama dana BOS, kita berikan bantuan pulsa serta peralatan kesehatan di sekolah. Tahap kedua, kita pengadaan buku. Tahap ketiga ini kita kembali bantu siswa lewat pulsa data lagi. Intinya, anggaran dana BOS, kita pergunakan semaksimal mungkin untuk kepentingan dan kebutuhan siswa selama pandemi ini,” tutupnya. (LAM)

Comment