by

Siswa SMA Kristen Damer Didorong Tuntaskan Pembelajaran

Ambon, BKA- Meskipun berada ditengah pandemi Covid-19, namun siswa SMA Kristen Aprian Damer terus didorong agar mampu menuntaskan setiap pembelajaran. Hal itu dilakukan agar siswa mampu menjawab tuntutan pembelajaran, sebagaimana yang diatur dalam Kurikulum 13 (K13).

Kepala SMA Kristen Aprian Damer, Sendry Nuniary, mengatakan, tuntutan itu diberikan sekolah kepada siswa, supaya mereka mampu memenuhi kriteria penilaian, sebagaimana yang tertera dalam panduan penilaian hasil belajar siawa dalam K13.

“Jadi pelajaran jalan seperti biasa, dengan memperhatikan protokoler kesehatan. Karena K13 ini punya pembelajaran dan proses penilaian itu tidak bisa main-main. Menyebabkan pembelajaran berjalan terus. Sekarang sementara menjalankan ujian semester. Kita mendahului, karena kita belajar secara rutin dalam rangka mendorong siswa agar tuntaskan pembelajaran,” ujar Nuniary, Kamis (5/11).

Hal itu penting untuk dilakukan, lanjutnya, karena proses penilaian itu dilakukan lewat tes pengetahuan. Jika ada nilai yang kurang, maka akan dilakukan remedial atau tes ulang. Sebab, penilaian K13 itu deskripsi per mata pelajaran.

Misalnya, yang berkaitan dengan ketrampilan dan sikap sosial, serta spiritual. “Nilai yang diambil lewat sikap dan ketrampilan, harus memakai data. Jadi, kalau tidak tuntas, ya harus remedial. Tidak bisa main-main,” tegasnya.

Sebagai sekolah penyandang akreditasi A, katanya, sekolah yang berada di pulau Damer, Kabupaten MBD, itu harus benar-benar menunjukan kualitasnya. Bahwa dalam situasi dan kondisi apapun, proses belajar mengajar harus tetap berjalan, guna memacu anak-anak agar tetap meningakatkan kualitasnya lewat K13 saat ini.

“Saya tidak main-main dengan K13. Karena saya tahu apa yang dilakukan demi anak-anak. Artinya kita mesti tunjukan, bahwa meskipun kita di daerah terpencil, kualitas kita tidak kecil. Apalagi kita yang akreditasnya A. Dalam keyakinan kita, ketika tanggungjawab dikerjakan dengan ikhlas, akan membuahkan hasil yang baik pula,” tutupnya. (LAM)

Comment