by

Siswa SMP Ambon Lulus 100 Persen

Seluruh siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Ambon, dinyatakan lulus 100 persen. Seluruhnya akan melanjutkan pendidikan ke tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Fahmi Salatalohy, kepada wartawan, Selasa (15/6).

“Untuk SMP di Kota Ambon seluruh siswanya lulus 100 persen, dan mereka akan mendaftarkan diri ke SMA,” ungkap Fahmy.
Sementara untuk tingkat Sekolah Dasar (SD), lanjut dia, tidak semua siswa dinyatakan lulus dalam ujian akhir sekolah. “Hanya ada tiga SD. Beberapa siswanya tidak lulus lantaran tidak ikut ujian akhir,” bebernya.
Disinggung SD mana saja yang siswanya tidak lulus, Fahmy mengaku, tidak menghafalnya. “Saya tidak hafal yang pasti. Tapi itu ada 3 SD saja yang beberapa siswa tidak lulus,” sebut dia.

Menurut dia, siswa yang tidak mengikuti ujian akhir sekolah itu, lantaran ada yang sakit namun tidak ada keterangan pemberitahuan yang jelas dari bersangkutan maupun orang tua murid. “Ada yang dinyatakan sakit, dan ada yang tidak ada alasan. Padahal jika mereka ikut maka seluruh sekolah SD dan SMP lulus 100 persen,” ucapnya.

Fahmy menambahkan, pihaknya sudah melakukan berbagai macam pendekatan, agar para siswa di tiga sekolah itu bisa ikuti ujian, hingga mereka bisa mendapatkan ijazah mereka.

“Sudah kita lakukan pendekatan, tetapi mereka tidak mau. Jadi sudah tidak bisa lagi. Padahal kami inginkan agar mereka bisa lulus, sebab ini juga untuk masa depan mereka. Mereka ini dinyatakan siswa putus sekolah,” kuncinya. (IAN)

Comment